Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendikbud Kirim Ribuan APD ke RS dan Fakultas Kedokteran

Bantuan APD dikirimkan kepada RSP Universitas Airlangga, RSP UGM, Fakultas Kedokteran UGM, serta beberapa Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 28 April 2020  |  17:18 WIB
ilustrasi - Pelaku UMKM V-RA Collection, Lailatul Istiqomah menunjukkan baju alat pelindung diri (APD) di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/3/2020). Dinas Perdagangan Kota Surabaya mengerahkan sekitar 20 UMKM untuk membuat baju APD berbahan kain gore-tex yang akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan ke seluruh rumah sakit yang menangani  COVID-19. ANTARA FOTO - Moch Asim
ilustrasi - Pelaku UMKM V-RA Collection, Lailatul Istiqomah menunjukkan baju alat pelindung diri (APD) di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/3/2020). Dinas Perdagangan Kota Surabaya mengerahkan sekitar 20 UMKM untuk membuat baju APD berbahan kain gore-tex yang akan didistribusikan oleh Dinas Kesehatan ke seluruh rumah sakit yang menangani COVID-19. ANTARA FOTO - Moch Asim

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengirimkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit Pendidikan (RSP) di bawah pembinaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dukungan Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ini merupakan wujud konkret realokasi dan refocusing anggaran tahun 2020 untuk penanganan Covid-19.

"Kemendikbud telah merealokasikan anggaran sebesar 405 miliar rupiah untuk memperkuat kapasitas rumah sakit pendidikan dan fakultas kedokteran sebagai pusat penanganan Covid-19," disampaikan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt. Dirjen Dikti) Nizam dalam keterangan resmi, Selasa (28/4/2020).

Nizam menambahkan jika secara bertahap akan terus mengirimkan bantuan alat pelindung diri (APD) dan dukungan lainnya ke rumah sakit dan fakultas kedokteran. “Hal tersebut kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas para relawan Covid-19. Ini merupakan bentuk sinergi dan gotong royong yang akan terus kita tingkatkan."

Bantuan APD yang dikirim berupa Hazardous Material Suit atau Baju Hazmat sejumlah 1.500 unit untuk RSP Universitas Airlangga, 1.000 unit untuk RSP Universitas Gadjah Mada (UGM) dan 500 unit untuk Fakultas Kedokteran UGM. Selain PTN, beberapa Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta juga menyatakan kesiapan untuk mendukung penanganan Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Paristiyanti Nurwardani menjelaskan bahwa Pengadaan Baju Hazmat dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sedangkan untuk pengirimannya dilakukan oleh Biro Umum dan Pengadaan Kemendikbud selaku Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (Seknas SPAB).

“Pengiriman APD Baju Hazmat telah dilakukan pada Jumat 24 April yang lalu dan sudah diterima oleh pihak masing-masing RSP dan Fakultas Kedokteran Unair dan UGM” ujarnya.

Pengiriman APD untuk RSP Unair, RSP UGM dan Fakultas Kedokteran UGM ini merupakan tahap kedua penyerahan bantuan dari Kemendikbud untuk RSP PTN.

Sebelumnya, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi juga telah menyerahkan bantuan APD berupa 2.000 unit Baju Hazmat, 2.000 unit pelindung muka (face shield) dan 466 unit sepatu bot yang diserahterimakan kepada RSP Universitas Indonesia dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top