Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beda Mudik dan Pulang Kampung ala Jokowi, Fadli Zon Merespons

Pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung mendapatkan beragam respons dari beberapa pihak.
Presiden Joko Widodo/Facebook resmi Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo/Facebook resmi Presiden Joko Widodo

Bisnis.com, JAKARTA –Topik mengenai perbedaan istilah mudik dan pulang kampung menjadi viral di media sosial, setelah ditayangkannya wawancara Najwa Shihab dengan Presiden Joko Widodo di acara Mata Najwa, Rabu (23/4/2020).

Di Twitter, tagar Jokowi, Mudik dan MataNajwa pun menempati jajaran teratas trending topic. Hal itu tak lepas dari penjelasan Presiden Joko Widodo mengenai perbedaan istilah mudik dan pulang kampung di acara Mata Najwa.

Dalam penjelasannya mengenai pertanyaan Najwa tentang fenomena jumlah masyarakat dari DKI Jakarta yang telah pulang kampung sebanyak hampir 1 juta orang, Presiden menyebut angka tersebut merupakan jumlah orang yang melaksanakan pulang kampung.

“Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Mereka memang bekerja di Jabodetabek, tetapi di sini sudah tidak ada pekerjaan, maka mereka pulang, karena anak istrinya ada di kampung,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun kembali menegaskan perbedaan antara mudik dan pulang kampung menurut versinya.

“Mudik itu di hari lebarannya. Beda, [mudik] itu untuk merayakan Idulfitri. Kalau pulang kampung itu bekerja di Jakarta, tetapi anak istri di kampung,” tambahnya.

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut pun menuai beragam respons dari netizen, tak terkecuali para politisi. Salah satu politisi itu adalah Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon.

“Kesimpulannya, mudik adalah pulang kampung menjelang Lebaran untuk merayakan Lebaran. Pulang kampung adalah kegiatan kembali ke kampung krn anak istri ada di kampung,” ujarnya di akun Twitter resminya, @fadlizon, Rabu malam (22/4/2020)

Hanya saja dia tidak memberikan respons lain setelah menuliskan kalimat itu di linimasa Twitter.

Sementara itu, respons lain pun muncul dari ahli bahasa yang tenar di sosial media yakni Ivan Lanin. Dia mengunggah cuitan mengenai perbedaan makna istilah, kendati tidak secara eksplisit merespons kontroversi perbedaan arti mudik dan pulang kampung ala Jokowi.

“Kita tunggu saja peraturan perudang-undangan yang menegaskan beda makna istilah. Jangan bilang saya belum mengingatkan, ya,” ujarnya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper