Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Larangan Mudik Lebaran: Pospam Besar Disiapkan di Gerbang Tol Cikarang, Cimanggis, dan Bitung

Tiga gerbang tol yang menjadi pintu keluar dan masuk Jakarta akan dijaga aparat sejak Kamis malam atau Jumat dini hari pukul 00.00 WIB. Ketiga gerbang tol itu adalah GT Cikarang, GT Cimanggis, dan GT Bitung.
Ilustrasi-Sejumlah kendaraan melintas di ruas pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/7/2015)./Antara
Ilustrasi-Sejumlah kendaraan melintas di ruas pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/7/2015)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga gerbang tol yang menjadi pintu keluar dan masuk Jakarta akan dijaga aparat sejak Kamis malam atau Jumat dini hari pukul 00.00 WIB. Ketiga gerbang tol itu adalah GT Cikarang, GT Cimanggis, dan GT Bitung. 

Penjagaan dilakukan terkait penyekatan pintu keluar masuk Jakarta demi mendukung larangan mudik dari pemerintah.

Penyekatan di pintu masuk dan keluar Jakarta ini akan berlangsung hingga H+7 Lebaran 2020.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan penyekatan akan dilakukan melalui 19 pos pengamanan (pospam) yang terdiri atas 3 pospam besar di jalan tol dan 16 pospam di wilayah Polres dan jalur arteri.

"Ada tiga pospam besar khusus di jalan tol, ada di tol yang mengarah ke Jawa Barat di GT Cikarang Barat, ke Bogor di GT Cimanggis, dan GT Bitung yang mengarah ke Merak," kata Yusri.

Sedangkan Pospam lainnya tersebar di beberapa titik berikut:

  1. Tangerang Kota, lima pospam
  2. Tangerang Selatan, dua pospam
  3. Depok, dua pospam,
  4. Bekasi Kota, tiga pospam
  5. Bekasi Kabupaten, empat pospam.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana menyebutkan soal simulasi penyekatan yang sudah dijalani aparat.

Nana mengaku bahwa Polda Metro Jaya sudah melakukan latihan dalam bentuk simulasi untuk menghadapi dampak terburuk dari pembatasan dan penyekatan sejumlah ruas jalan menuju DKI Jakarta, dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

"Kita sudah melakukan latihan ya, dalam bentuk simulasi dan cara bagaimana kita menutup, kita sebut sistem pengamanan kota. Ini terus kita lakukan latihan-latihan," kata Nana, Senin (30/3/2020).

Terkait simulasi tersebut, Kapolda Metro Jaya mengeluarkan Telegram Resmi (TR) nomor: STR/414/III/OPS.2/2020 yang berisi lima perintah Kapolda Metro Jaya.

Pertama, memerintahkan Kabag Ops Polda Metro Jaya membuat rencana pengamanan penutupan jalan atau pengalihan arus kendaraan yang akan keluar-masuk ke DKI Jakarta.

Kedua, beberapa jalur yang akan ditutup semua jalan raya dan jalan kecil atau perkampungan yang menjadi akses keluar-masuk ke DKI Jakarta.

Ketiga, penutupan jalan raya dan jalan kecil dilakukan oleh Polri yang dibantu TNI (Kodim/Koramil) dan Pemda setempat.

Keempat, menutup semua akses tol yang menjadi titik keluar-masuk DKI Jakarta di mana pengamanannya dilakukan Polri dan TNI serta Jasa Marga.

Kelima, rencana pengamanan dan penutupan seluruh akses keluar-masuk ke DKI Jakarta itu akan dirapatkan pada Senin 30 Maret 2020 pukul 08.30 WIB di Ruang Rapat lantai 21 Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper