Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Kartini: Sepotong Kebaya Dinilai Bisa Tumbuhkan Nasionalisme

Sepotong kebaya bisa menumbuhkan nasionalisme. Hal itu bisa terjadi jika ada pengakuan, konsep diri, ciri unik dan menetap, serta konsistensi.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 21 April 2020  |  14:42 WIB
Sepotong kebaya bisa menumbuhkan nasionalisme. Hal itu bisa terjadi jika ada pengakuan, konsep diri, ciri unik dan menetap, serta konsistensi. Hal itu terungkap dalam diskusi menyambut Hari Kartini - Ilustrasi/Facebook Perpusnas
Sepotong kebaya bisa menumbuhkan nasionalisme. Hal itu bisa terjadi jika ada pengakuan, konsep diri, ciri unik dan menetap, serta konsistensi. Hal itu terungkap dalam diskusi menyambut Hari Kartini - Ilustrasi/Facebook Perpusnas

Bisnis.com, JAKARTA - Sepotong kebaya bisa menumbuhkan nasionalisme. Hal itu bisa terjadi jika ada pengakuan, konsep diri, ciri unik dan menetap, serta konsistensi.

Pendapat itu mengemuka dalam bincang publik memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Selasa 21 April 2020.

Bincang publik diselenggaran Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia.

Ahli Psikologi Sosial Ade Iva Wicaksono mengatakan jika sepotong kebaya bisa menumbuhkan nasionalisme.

"Ketika berbicara kebaya, kerangka berpikir kita akan langsung merujuk kepada nasionalisme, identitas nasional, dan identitas diri," ujar Iva.

Disebutkan Iva, hal itu tidak terlepas dari konsep diri yang disematkan.

“Memasukkan kebaya sebagai konsep diri sama saja seperti menjadikan kebaya sebagai identitas diri,” ujar Iva dalam video konferensi, Selasa (21/4/2020)

Iva menambahkan, kunci dari kebaya sebagai nasionalisme adalah adanya pengakuan, konsep diri, ciri unik dan menetap, dan konsistensi.

“Sepotong kebaya adalah material kebudayaan yang menjadi simbol dan alat komunikasi dalam menumbuhkan nasionalisme dan membentuk identitas nasional,” tambah Iva.

Kegiatan ini tidak hanya diisi pembahasan mengenai kebaya dan ajakan kepada anak muda untuk mencintai kebaya. Bincang publik juga diisi dengan kegiatan video fashion show yang menampilkan perempuan-perempuan memakai kebaya modern.

Lomba Mewarnai

Terkait Hari Kartini, juga diselenggarakan lomba mewarnai untuk siswa TK di Jabodetabek. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Paduan Suara Merah Putih menggelar lomba mewarnai untuk anak-anak TK se-Jabodetabek.

Lomba mewarnai dalam rangka memperingati Hari Kartini itu dikelompokkan dalam kategori usia tiga sampai enam tahun.

Acara yang berlangsung melalui video telekonferensi.

“Ini merupakan pertama kalinya di Indonesia, lomba mewarnai yang dilakukan secara daring. Saya sangat mengapresiasi kepada PSMP karena dengan kegiatan ini bisa mengisi kekosongan di rumah dengan hal positif,” ujar Kasubdit Program Evaluasi dan Dokumentasi Direktur Kesenian Kemendikbud Kuat Prihatin.

Hal itu disampaikan Kuat Prihatin dalam kata sambutannya melalui video konferensi, Selasa (21/4/2020).

Mengangkat tema Aku Mau Indonesia Maju, 60 anak-anak bersemangat mengikuti lomba mewarnai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebaya hari kartini
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top