Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APD Marak Diproduksi, Kemenkes: Harap Ikuti Standar!

Kementerian Kesehatan telah menerbitkan izin edar kepada industri yang telah memenuhi persyaratan dan standar ditetapkan.
Dokter di rumah sakit darurat COVID-19 RS Pertamina Jaya Jakarta menggunakan alat pelindung diri (APD)./Antara-M. Risyal Hidayat
Dokter di rumah sakit darurat COVID-19 RS Pertamina Jaya Jakarta menggunakan alat pelindung diri (APD)./Antara-M. Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku industri yang memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) diharapkan mengikuti standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya mengatakan pihaknya telah menerbitkan dua pedoman terkait produksi  dalam negeri untuk memberi standar baku terkait bahan dan pembuatan APD.

Dia merincikan dua pedoman itu meliputi standar APD dalam manajemen Covid-19 dan petunjuk teknis APD untuk menghadapi wabah Covid-19.

“Isu kelangkaan APD telah mendorong banyak industri dalam negeri yang tentunya berniat baik untuk turut berpartisipasi membuat APD untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan, bermacam-macam telah diproduksi dengan berbagai variasi bentuk dan harga,” katanya saat memberi keterangan pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Jumat (17/4/2020).

Di sisi lain, dia membeberkan pihaknya telah menerbitkan izin edar kepada industri yang telah memenuhi persyaratan dan standar ditetapkan.

“Perizinan itu mesti disertai bukti dengan uji laboratorium terhadap bahan material yang digunakan,” jelasnya.

Selain itu, dia mengimbuhkan, Kemenkes juga melakukan relaksasi perizinan bagi alat kesehatan yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 termasuk APD.

“Kebutuhan APD kian meningkat, Kemenkes juga melakukan pendampingan bagi Industri-industri dalam negeri yang berniat untuk membuat APD,” kata dia.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan jajarannya untuk memberikan insentif fiskal ke usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memproduksi APD, masker dan alat kesehatan (alkes). Hal ini guna mengoptimalkan industri dalam negeri dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Kita harus melihat kembali seluruh potensi sumber daya yang kita miliki di negera kita terutama industri dalam negeri kita untuk memproduksi alat2 kesehatan untuk penanganan Covid-19,” kata Presiden membuka rapat terbatas mengenai optimalisasi industri dalam negeri untuk penanganan Covid-19 dari Istana Merdeka, Jakarta, melalui video conference, Rabu (15/4/2020).

Jokowi juga meminta agar manajemen disitribusi alat kesehatan, masker, dan APD diatur dengan detail. Ekspor barang-barang terkait harus dibatasi untuk memastikan ketersediaan di dalam negeri.

Dalam optimalisasi industri dalam negeri tersebut, Jokowi menginstruksikan relaksasi proses perizinan. Standarisasi APD harus tetap dilakukan, tetapi dengan mekanisme proses paling efisien, sehingga tidak mempersulit industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper