Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PGI: Gereja Bisa Dipakai Tempat Isolasi untuk Penderita Corona

Persatuan Gereja Indonesia (PGI) membuka pintu bagi para penderita virus corona untuk menggunakan gereja yang kosong dan tidak dipakai sebagai tempat isolasi.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 12 April 2020  |  13:02 WIB
Ketua Umum PGI Gomar Gultom - Istimewa
Ketua Umum PGI Gomar Gultom - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Persatuan Gereja Indonesia (PGI) mengusulkan agar gereja yang kosong dan tidak dipakai, digunakan sebagai tempat isolasi dan karantina bagi penderita virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum PGI Jacky Manuputty dalam konferensi di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana Minggu (12/4/2020).

Menurut dia gereja harus siap apabila memang hal tersebut dibutuhkan. Dia menjelaskan berdasarkan sejarah, gereja di era kekristenan awal, ikut andil dalam menghadapi wabah, sebagai bentuk pelayanan kasih.

“Gereja bisa menyiapkan gedung gereja yang saat ini kosong dan tidak dipakai, untuk dipakai sebagai tempat isolasi bagi mereka yang terpapar corona bilamana hal itu layak dan dibutuhkan,” kata Jacky, Minggu (12/4/2020).

Dia mengatakan Gereja juga harus siap dalam upaya penanggulangan dampak dari pandemi virus corona (Covid-19) salah satunya kemerosotan ekonomi. Dia menekankan gereja harus menerapkan diakonia berbasis keluarga, yang kuat membantu yang lemah.

“Apapun latar belakang dan perbedaannya. kalau gereja harus menderita karena membela kehidupan inilah saatnya panggilan penderitaan yang harus dijalani dengan iman yang selalu terarah kepada kristus yang menderita mati dan dibangkitkan,” kata Jacky.

Selain itu Jacky juga mengajak seluruh umat Nasrani menggalang solidaritas melalui upaya kreatif di tengah Covid-19 yang mewabah saat perayaan Paskah 2020. Dia mengatakan semangat itu sejalan dengan tema Paskah tahun ini, 'Kebangkitan Kristus Membawa Harapan Baru'.

"Tema ini dirumuskan dari Injil Lukas Pasal 24 ayat 5 dan 6 berbunyi 'mengapakah yang hidup di antara orang mati Dia tidak ada di sini, Dia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakanNya kepada kamu ketika Dia masih di Galilea'," tuturnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gereja Virus Corona
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top