Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Erupsi Tak Hanya di Gunung Anak Krakatau, Ini Aktivitas di Gunung Lainnya

Gunung Anak Krakatau bukanlah gunung satu-satunya yang erupsi pada Jumat (10/4/2020)
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 11 April 2020  |  02:58 WIB
Erupsi Tak Hanya di Gunung Anak Krakatau, Ini Aktivitas di Gunung Lainnya
Abu vulkanis menyembur keluar dari kawah Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/3/2019). - ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Gunung Anak Krakatau menjadi gunung yang tercatat erupsi baru-baru ini. Namun, gunung ini bukanlah satu-satunya mengalami peningkatan aktivitas.

Laman Magma Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sepanjang tahun 2020 letusan terbanyak terjadi di Gunung Semeru, Jawa Timur yakni 17 letusan. Kemudian, disusul Gunung Anak Krakatau dengan 12 letusan. Lalu, Gunung Merapi dengan 9 letusan.

Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada Jumat (10/4/2020) malam. Dari hasil pemantauan terakhir pukul 22.35 WIB, tinggi kolom abu yang teramati menyentuh 500 meter di atas puncak atau 657 di atas permukaan laut. Kolom abu yang teramati berintensitas sedang hingga tebal ke arah utara. Kendati terjadi letusan, status Gunung Anak Krakatau berada pada level II atau waspada.

Gunung dengan status yang sama yakni Gunung Merapi juga mengalami erupsi pada Jumat (10/4/2020) pagi. Berdasarkan hasil pemantauan pukul 09.10 WIB, kolom abu yang teramati 3.000 meter di atas puncak atau 5.968 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan Gunung Anak Krakatau, intensitas kolom abu yang teramati berada pada intensitas tebal.

Aktivitas yang terekam seismograf pada Kamis (9/4/2020) menunjukkan terjadi 2 kali gempa hembusan, 3 kali gempa fase banyak, 1 kali gempa tektonik lokal dan 2 kali gempa tektonik jauh. Atas aktivitas tersebut, warga di sekitar pun direkomendasikan untuk mengantisipasi luncuran awan panas, lahar, abu dan menjaga jarak 3 km.

Terakhir, Gunung Semeru di Jawa Timur. Kendati mencatatkan letusan terbanyak pada 2020. Letusan terakhir yang terjadi di salah satu gunung tertinggi di Tanah Air ini justru Jumat (7/2/2020). Saat itu, pukul 05.09 WIB tinggi kolom abu yang teramati yaknki 400 meter di atas puncak atau 4.076 meter di atas permukaan laut. Kolom abu tersebut berwarna putih hingga abu-abu dengan intensitas tebal.

Sementara itu, gunung lain yang juga berada di level yang sama yakni Gunung Kerinci, Jambi; Gunung Slamet, Jawa Tengah; Gunung Bromo, Jawa Timur dan Gunung Soputan, Sulawesi Utara. Selain itu, tiga gunung lainnya di Maluku Utara yakni Gunung Gamalama, Gunung Ibu dan Gunung Dukono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

erupsi
Editor : Duwi Setiya Ariyanti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top