Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Virus Corona: SPS Pusat Minta Pemerintah Berikan Insentif

Kajian SPS Pusat terkait mendorong pemerintah memberikan insentif kepada perusahaan media yang terdampak Covid-19 telah dilakukan selama beberapa minggu ke terakhir.
Jangan Mudik #MediaLawanCovid19 #AmanDiRumah
Jangan Mudik #MediaLawanCovid19 #AmanDiRumah

Bisnis.com, JAKARTA - Serikat Perusahaan Pers (SPS) mendorong pemerintah agar memberikan perhatian kepada perusahaan pers. Salah satunya melalui pemberian insentif.

Kini, pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) telah memukul semua sektor bisnis, termasuk perusahaan media. Kajian SPS Pusat terkait pemberian insentif kepada perusahaan media yang terdampak Covid-19 telah dilakukan selama beberapa minggu ke terakhir.

Ketua Harian SPS Pusat Januar P. Ruswita menuturkan bahwa semakin banyak perusahaan pers yang tumbang di tengah pandemi. Dampak yang dirasakan oleh media di tengah pandemi virus corona adalah menurunnya pendapatan iklan, berkurangnya daya beli hingga lonjakan biaya operasional media cetak.

“Kami sudah mendiskusikan soal ini secara mendalam menyusul banyaknya desakan dari pelaku usaha agar pemerintah lebih memperhatikan keberlangsungan perusahaan media. Apalagi media/pers merupakan garda terdepan penyalur informasi seputar Covid-19 kepada publik,” tulisnya dalam keterangan resmi, Rabu (8/4/2020).

SPS Pusat mengusulkan kepada pemerintah  agar insentif diberikan khusus kepada perusahaan penerbitan yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Januar, hanya perusahaan pers yang terdampak dan terdaftar sebagai anggota SPS serta sudah terverifikasi oleh Dewan Pers sajalah yang berhak menerima insentif dari pemerintah.

SPS Pusat juga mendorong agar pemerintah tak hanya memberikan perhatian kepada perusahaan pers, tapi juga para jurnalis yang terjun ke lapangan selama pandemi berlangsung.

Insentif yang diberikan dapat berupa Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi wartawan yang mengalami pemotongan gaji imbas pandemi dan fasilitas Alat Pelindung Diri (APD) bagi para jurnalis yang  bertugas meliput Covid-19. Usulan pemberian insentif kepada perusahaan pers secara detail telah disampaikan SPS kepada pemerintah melalui Dewan Pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper