Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Industri Farmasi Internasional Komitmen Bantu Pemerintah Lawan Covid-19

Parulian menyampaikan hal itu dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) BPOM dengan KOmisi IX DPR, Rabu (8/4/2020) secara virtual.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 08 April 2020  |  13:24 WIB
 Direktur Eksekutif  IPMG Parulian Simanjuntak - Facebook @paruliananggisimanjuntak
Direktur Eksekutif IPMG Parulian Simanjuntak - Facebook @paruliananggisimanjuntak

Bisnis.com, JAKARTA -  Direktur Eksekutif  IPMG Parulian Simanjuntak mengatakan bahwa industri farmasi asing di Indonesia berkomitmen membantu pemerintah menanggulangi wabah Covid-19.

Parulian menyampaikan hal itu dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) BPOM dengan KOmisi IX DPR, Rabu (8/4/2020) secara virtual.

Dikatakan, IPMG beranggotakan 24 industri farmasi internasional berbasis riset, memiliki 18 pabrik, dan 1 usaha pergudangan di Indonesia. Adapun karyawan yang diperkerjakan lebih dari 10.000 orang dan telah meluncurkan lebih dari 900 produk inovatif  di Indonesia.

Lucia Erniawati, anggota Sub Komite Government Affairs IPMG, menuturkan bahwa pihaknya berkomitmen mengedepankan kelangsungan pasokan dan akses obat, tidak hanya untuk obat Covid-19, tetapi juga obat untuk penyakit penyerta yang dialami pasien Covid-19.

Dikatakan, pasien Covid-19 yang memiliki penyakit penyerta biasanya kondisinya lebih buruk disbanding pasien tanpa penyakit penyerta.

Untuk penanggulangan pandemi Covid-19, IPMG tidak hanya memasok obat, alat diagnostik, juga penelitian klinis.

IPMG juga, katanya, telah membantu pengadaan obat dan alat pelindung diri (APD) untuk membantu pemerintah menanggulangi Covid-19.

“Anggota IPMG membantu tenaga medis melalui edukasi virtual dengan para ahli dari negara lain yang lebih dulu menangani pasien Covid-19,” ujar Lucia.

Dia menegaskan, bahwa IPMG mengapresiasi kebijaka Kemenkes, BPOM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dalah hal akselerasi perizinan obat dan peralatan medis yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri farmasi Virus Corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top