Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Ribu Rapid Test Di DKI Temukan 121 Orang Positif Corona

Pemerintah DKI telah melaksanakan test cepat untuk mengetahui virus Corona sejak 24 Maret 2020 dengan 10.459 yang sudah mengikuti tes. Dari jumlah tersebut diketahui, tak sedikit petugas kesehatan yang terpapar.
Peta kasus Covid-19di DKI Jakarta/www.corona.jakarta.go.id
Peta kasus Covid-19di DKI Jakarta/www.corona.jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, telah melaksanakan tes cepat (rapid test) virus Corona (Covid-19) di seluruh wilayahIbu Kota sejak 24 Maret 2020. Kepala Dinas Kesehatan DKI, Widyastuti, pun telah menyampaikan laporan pelaksanaan rapid test di seluruh wilayahnya.

"Hingga tanggal 27 Maret 2020, telah dilakukan 10.459 rapid test, dengan hasil 121 orang dinyatakan positif dan 10.338 orang negatif. Persentase total orang positif Covid-19 hingga 27 Maret 2020 sebesar 1,1 %," terang Widyastuti, dalam keterangan persnya.

Rapid test tersebut diprioritaskan untuk orang-orang yang berisiko menularkan virus Corona, seperti tenaga medis dan orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus pasien konfirmasi atau probabel COVID 19, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Untuk orang dengan status ODP, memiliki ciri-ciri  demam di atas 38 drajat celcius atau riwayat demam, gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek, sakit tenggorokan atau batuk, serta memiliki riwayat tinggal di luar negeri dan melakukan perjalanan di area terdampak virus Corona.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah mendistribusikan sekitar 164.000 alat rapid test virus Corona ke lebih dari 100 fasilitas kesehatan dan Rumah Sakit di seluruh Jakarta. Alat rapid test ini diberikan oleh Gugus Tugas Nasional Covid-19 ke Balai Kota Jakarta pada Senin malam (23/3).

Sementara itu, hingga hari ini (28/3) pukul 08.00 total pasien positif virus Corona di DKI Jakarta sebanyak 603 orang, dengan rincian 43 orang telah dinyatakan sembuh, 134 orang melakukan isolasi mandiri, 364 pasien masih dalam perawatan, dan 62 orang meninggal dunia. Kemudian 479 orang masih menunggu hasil laboratorium.

Kemudian, terdapat 61 orang tenaga kesehatan positif virus Corona yang tersebar di 26 Rumah Sakit di Jakarta. Dari jumlah itu, satu di antaranya meninggal, dan 2 sedang hamil. Serta 2 orang telah meninggal, berdomisili di Jakarta, namun berasal dari 2 Rumah Sakit di luar DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andya Dhyaksa
Editor : Andya Dhyaksa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper