Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lima Seruan Rizieq Shihab untuk Masjid, Lafaz Azan Ditambah

Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab memberikan lima arahan ke seluruh pengurus masjid untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  07:21 WIB
Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (kanan). - Antara/Ramdani
Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (kanan). - Antara/Ramdani
Bisnis.com, JAKARTA — Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab memberikan lima arahan ke seluruh pengurus masjid untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.
 
Dalam keterangan resminya, Habib Rizieq Shihab mengatakan bahwa seluruh pengurus dan marbot masjid untuk menjaga keamanan dan kebersihan masjid serta memastikan masjid tertutup untuk umum.
 
"Agar tidak kumpul banyak jemaah atau massa sehingga tetap terlaksana social distancing atau jarak sosial sesuai petunjuk medis," tuturnya dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Rabu (25/3/2020).
 
Arahan yang kedua, kata Habib Rizieq Shihab yaitu seluruh muadzin masjid tetap mengumandangkan azan pada setiap salat lima waktu. Namun, pada setiap akhir azan, muadzin disarankan untuk menambahkan kalimat seruan Ash-Sholaatu Fii Buyuutikum sebanyak dua kali. Artinya shalatlah di rumah-rumah kalian.
 
"Agar tetap terlaksana Work From Home (WFH) yaitu kerja dari rumah, termasuk ibadah di rumah," katanya.
 
Berikutnya, Habib Rizieq Shihab juga mengimbau ke seluruh imam masjid agar membacakan qunut nazilah, ketika salat berjamaah dengan marbot dan muadzin masjid selama menjalankan shalat lima waktu.
 
"Tanpa mengajak jemaah yang lain, dengan tetap menjaga physical distancing atau jarak fisik atau badan sesuai petunjuk medis," ujarnya.
 
Habib Rizieq Shihab mengatakan seruan keempat yaitu pengurus masjid tetap memonitor seluruh tugas marbot dan muadzin berjalan dengan baik, serta menyiapkan penggantinya jika ada yang berhalangan.
 
"Sehingga fardhlu kifayah shalat berjamaah tetap tegak dan kemakmuran masjid tetap terlaksana," tuturnya.
 
Imbauan terakhir, Habib Rizieq Shihab menyebut bahwa pengurus masjid diperbolehkan memakai toa masjid untuk mengumumkan pencegahan wabah virus corona dan melalui toa tersebut membaca Al-Qur'an, dzikir, istigfar, shalawat dan doa agar masyarakat bisa mengikutinya di rumah masing-masing.
 
"Ini harus dilakukan setiap hari oleh pengurus, imam, marbot dan muadzin masjid secara bergilir dan tidak mengganggu ketenangan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fpi Virus Corona Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top