Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahfud MD: Lockdown Tidak Manusiawi dan Tidak Efektif

Lockdown, disebut Mahfud tak manusiawi dan tidak efektif. Ia berkaca dari kasus Italia, di mana kebijakan lockdown telah diambil tapi tingkat kematian tetap tinggi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  01:29 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD meminta kepala daerah tidak menimbulkan kepanikan terkait penanggulangan virus Corona - Bisnis/Nindya Aldila
Menko Polhukam Mahfud MD meminta kepala daerah tidak menimbulkan kepanikan terkait penanggulangan virus Corona - Bisnis/Nindya Aldila

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD, mengatakan Indonesia tidak memilih lockdown tapi social distancing karena pilihan pertama dianggap tidak manusiawi dan tidak efektif. Ia mengambil contoh lockdown yang diberlakukan di Italia yang menurut dia tidak memecahkan persoalan.

Mahfud mengatakan, di Italia semenjak diterapkan lockdown, masih banyak korban yang berjatuhan karena masyarakatnya tidak disiplin. Ia menyebut hingga kemarin hampir 800 orang yang meninggal pasca lockdown.

"Sehingga lockdown itu pun di samping juga agak kurang manusiawi itu juga ternyata tidak efektif di Italia," kata Mahfud dalam konferensi pers melalui siaran online bersama wartawan, Senin (23/3/2020).

Pilihan lain, kata Mahfud, ada care immunity seperti yang dilakukan di Inggris. Pada opsi ini orang-orang dibiarkan melakukan pertaruhan imunitas. Opsi ini pun, menurut dia, tidak manusiawi karena masyarakat diminta untuk mencari keselamatan sendiri-sendiri.

Karena itu, Mahfud mengatakan Indonesia memilih social distancing. "Itu yang ditempuh oleh pemerintah agar melakukan hubungan-hubungan dengan orang lain itu dihindari kalau tidak sangat penting. Kalau sangat penting, jaraknya diatur satu meter dan membersihkan diri," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona mahfud md

Sumber : Tempo

Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top