Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengintip Pemakaman Muslim Premium di Karawang

Selain memiliki taman yang indah, dia menjelaskan Al-Azhar Memorial Garden bisa menampung sekitar 29.000 jenazah muslim.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  16:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Biasanya komplek pemakaman selalu dikesankan seram dan kadang dipercaya ada makhluk halus penunggunya.

Tapi komplek pemakaman Al-Azhar Memorial Garden yang berlokasi di Karawang Timur, persis di pinggir jalan Tol Jakarta Cikampek menawarkan pemandangan indah dengan bunga-bunga, rumput hijau terawat dan walkway yang mirip-mirip sebuah taman tempat wisata

“Ini tempat pemakaman terindah,” kata Pengurus Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar Dr. Shobahussurur, MA yang menjadi pengelola taman pemakaman Islam seluas 25 hektare tersebut.

Selain memiliki taman yang indah, dia menjelaskan Al-Azhar Memorial Garden bisa menampung sekitar 29.000 jenazah muslim.

“Aman, tidak terkena banjir. Kawasan kami di tanah datar, tidak ada bukit. Sistim pengairannya berjalan baik," kata Shobahussurur.

Al-Azhar Memorial Garden memiliki konsep makam merupakan bagian dari taman. Oleh karena itu dilengkapi dengan gedung serbaguna, gazebo, dan pohon rindang serta bunga-bunga.

“Kami juga memiliki Gedung Pemulasaraan untuk memudahkan pengurusan jenazah mulai dari memandikan, mengkafani dan mensholatkan hingga dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden” katanya lagi.

Saat ini, Gedung Pemulasaraan Al Azhar Memorial Garden sangat membantu keluarga, terutama jika rumah kediamannya tidak bisa dipakai untuk jenazah disemayamkan.

Hal itu, lanjutnya, pembangunan Al-Azhar Memorial Garden memang bertujuan untuk memberikan pilihan bagi umat Islam untuk dapat dikuburkan di pemakaman muslim sesuai syariat Islam. Dengan adanya walkway di depan setiap makam, maka makam tidak terinjak, terlangkahi dan terduduki.

Taman Pemakaman Muslim Al-Azhar Memorial Garden dibangun sejak 2011. Akses menuju pemakaman Islam ini kini lebih mudah karena telah beroperasinya Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek. Jarak tempuh menuju Al Azhar Memorial Garden lebih cepat karena dekat langsung keluar Tol Karawang Timur

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemakaman
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top