Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pilpres 2024: Survei Cyrus, Sandiaga Uno Bakal Capres Terpopuler

Sementara Prabowo mendapat dukungan 23,8 persen.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 13 Maret 2020  |  21:35 WIB
Sandiaga Uno Dukung Grand Opening Kisaku. - istimewa
Sandiaga Uno Dukung Grand Opening Kisaku. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno menempati posisi terkuat untuk maju Pilpres 2024 dalam simulasi enam nama tokoh tanpa diikutsertakan nama Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Demikian menurut hasil penelitian lembaga survei Cyrus Network terkait tingkat popularitas dan kesukaan atas tokoh yang berpotensi maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Saat nama Prabowo dihilangkan, Sandiaga Uno menempati urutan pertama. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menggunguli Anies Baswedan," ujara CEO Cyrus Network, Eko David Afianto dalam paparannya kepada wartawan, Jumat (13/3/2020).

Sandiaga Uno menempati posisi pertama dengan jumlah pendukung terbanyak sebesar 27,3 persen. Dia mengalahkan mantan pasangannya pada Pilgub DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan yang hanya mendapat dukungan sebesar 20 persen, menurut hasil survei.

Lebih lanjut, posisi ketiga ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang digadang-gadang juga akan maju pada Pilpres 2024 dan hanya mendapat dukungan 14,9 persen. Sedangkan posisi keempat ditempati oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang mendapat 10,2  persen dukungan.

Namun, ketika disandingkan dengan nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sandiaga menempati posisi kedua dengan jumlah dukungan sebanyak 18,8 persen.

Sementara Prabowo mendapat dukungan 23,8  persen.

Dukungan terhadap Sandiaga Uno tersebut tetap lebih tinggi daripada Anies Baswedan yang menempati posisi keempat dengan dukungan 13 persen. Sementara itu, Ganjar Pranowo menempati posisi ketiga sebesar 13,2 persen.

Survei itu dilaksanakan pada 24-30 Januari 2020 pada 1.230 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei adalah 2.85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun responden dalam survei ini penduduk Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Responden tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sandiaga uno Pilpres 2024
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top