Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Penyebaran Corona, UI Berlakukan Kuliah Jarak Jauh

Universits Indonesia memutuskan menunda proses kegiatan belajar-mengajar (KBM) secara tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh mulai 18 Maret 2020.

Bisnis.com, JAKARTA – Demi mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan kampus, Universitas Indonesia (UI) memutuskan untuk meniadakan sementara waktu sesi kuliah tatap muka.

Berdasarkan kutipan surat edaran Universitas Indonesia Nomor: SE-703/UN2.R/OTL.09/2020 yang ditandatangani oleh Rektor UI Ari Kuncoro, pada Jumat (13/3/2020), mahasiswa dan tenaga kependidikan diminta mengganti kuliah sesi tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan ini berlaku mulai 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester genap Tahun Ajaran 2019/2020.

“Pimpinan Fakultas dan Program Studi diminta untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen untuk dapat menyelenggarakan PJJ,” seperti dikutip dari surat edaran UI tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan Universitas Indonesia, Jumat (13/3/2020).

Selain itu, UI juga memutuskan untuk tetap menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam bentuk praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, dengan terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik tersebut menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi virus corona.

Di samping itu, UI juga memutuskan untuk menunda atau menjadwal ulang penyelenggaraan KBM dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat seperti kuliah kerja nyata (KKN) dan praktik belajar lapangan (KBL) atau menggantinya dengan metode pembelajaran lain.

“Dalam hal praktik lapangan di masyarakat tidak dapat dijadwal ulang dan tidak dapat diganti dengan metode lain, maka penyelenggaraan praktik lapangan di masyarakat harus disertai dengan tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19 yang sebaik mungkin,” seperti tertulis dalam surat edaran tersebut.

Adapun UI juga meminta para mahasiswa yang menghuni Asrama UI dan rumah-rumah kost di sekitar kampus UI untuk sesegera mungkin kembali atau pulang ke rumah orang tua dan keluarga masing-masing.

Selanjutnya, UI juga meminta civitas akademika menunda atau membatalkan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang menimbulkan terjadinya kerumunan banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper