Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Virus Corona Covid-19 Sasar Presiden, Menkes hingga Politisi

Seperti diketahui, pandemi adalah situasi ketika wabah penyakit terjadi secara luas di seluruh dunia. Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama warga dunia.
Nadine Dorries, anggota parlemen konservatif dan menteri kesehatan junior Inggris, dinyatakan positif mengidap virus corona./Twitter
Nadine Dorries, anggota parlemen konservatif dan menteri kesehatan junior Inggris, dinyatakan positif mengidap virus corona./Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona baru atau COVID-19 mulai mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei di China pada Desember 2019, kini menjadi pandemi bagi dunia.

Seperti diketahui, pandemi adalah situasi ketika wabah penyakit terjadi secara luas di seluruh dunia. Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama warga dunia.

Berbeda dengan wabah, yang jumlah orang tertular atau sakit lebih sedikit dibanding pandemi, dan terjadi pada komunitas tertentu atau di musim-musim tertentu.

Wabah ini bisa terjadi secara terus menerus, mulai hitungan hari hingga tahun. Tidak hanya di satu wilayah, tetapi bisa juga meluas ke daerah atau negara lain.

Hingga Rabu (11/3/2020) sore, www.worldometers.info mencatat ada 121.366 kasus virus corona, 4.381 kematian dan 66.912 pasien yang sembuh.

Ribuan kasus itu terdapat di 120 negara dan 1 kapal pesiar Diamond Princess.

Virus corona tak memandang miskin, kaya, pejabat atau karyawan. Semua orang bisa terinfeksi COVID-19. Lalu, apa yang membut seseorang bisa terinfeksi atau tertular penyakit?

Menurut Epidemiologi (ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit, serta faktor yang terkait di tingkat populasi) , faktor yang membuat seseorang bisa tertular penyakit adalah host (organisma hidup), agent (penyebab) , dan environment (lingkungan).

Dari 121.366 kasus virus corona, ada sejumlah pejabat, menteri, politisi, jenderal, bahkan presiden terinfeksi.

1. Menkes Inggris

Nadine Dorries, anggota parlemen konservatif dan menteri kesehatan junior Inggris, dinyatakan positif mengidap virus corona.

Wanita berusia 62 tahun ini adalah politisi Inggris pertama yang terjangkit virus corona, yang telah menginfeksi lebih dari 118.000 orang di seluruh dunia dan menyebabkan lebih dari 4.200 kematian.

Dalam sebuah pernyataan, Dorries mengatakan: “Saya dapat mengonfirmasi bahwa saya telah dites positif untuk virus corona. Segera setelah saya diberi tahu, saya mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan dan telah mengisolasi diri di rumah.”

“Kesehatan Masyarakat Inggris telah memulai pelacakan kontak yang terperinci dan departemen serta kantor parlemen saya dengan cermat mengikuti saran mereka. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PHE dan staf NHS yang luar biasa yang telah memberi saya saran dan dukungan."

 “Terima kasih atas banyak harapan baik. Ada yang tidak benar tapi saya harap saya bisa mengatasi yang terburuk sekarang. Lebih khawatir tentang ibu saya yang berusia 84 tahun yang tinggal bersama saya dan mulai batuk hari ini. Dia sedang dites besok. Tetap aman dan terus cuci tangan,” bunyi tweet-nya.

 2. Wamenkes Iran

 Wakil Menteri Kesehatan Iran dinyatakan positif tertular virus corona. 

Juru bicara kementerian kesehatan dalam wawancara dengan televisi negara membenarkan bahwa Wakil Menteri Kesehatan Iraj Harirchi terinfeksi virus corona. Harirchi pun dikarantina.

Pandemi Virus Corona Covid-19 Sasar Presiden, Menkes hingga Politisi

Sebelum positif tertular virus corona, pada Senin (23/2/2020), Iraj ikut dalam konferensi pers terkait dengan virus corona.

Dalam video yang beredar, dia tampak menyeka keringat diwajahnya secara berulang-ulang. Dia juga menyeka hidungnya. Wajahnya terlihat memerah. 

 Situasi tak nyaman sangat jelas diperlihatkan Iraj. Dalam video terpisah, mengenakan kaus oblong berwarna kuning, Iraj mengungkapkan pengakuan dan curahan hatinya.

“Saya ingin menginformasikan bahwa saya juga terkena virus corona. saya demam sejak kemarin, dan hasil test awal tadi malam mengungkapkan bahwa saya positif tertular corong. Sejak saat itu, saya mengisolasi diri saya sendiri.”

 3. Presiden Portugal Dikarantina

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa akan menjalani karantina di kediaman pribadinya selama dua pekan, setelah beraudinesi dengan sekekompok pelajar yang terinfeksi Virus Corona atau COVID-19.

Hal itu dilaporkan kantor berita China, Xinhua, pada Senin (9/3/2020). Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa akan menjalani karantina di kediaman pribadinya selama dua pekan, berdasarkan pernyataan yang dipublikasikan di situs web Kepresidenan negara itu pada Minggu (8/3/2020).

Pandemi Virus Corona Covid-19 Sasar Presiden, Menkes hingga Politisi

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa berswafoto dengan para pemain dan trofi Piala Dunia Sepak Bola Pantai setelah dirinya menganugerahkan penghargaan kepada tim nasional sepak bola pantai Portugal di Istana Belem di Lisbon, Portugal, pada 3 Desember 2019. Foto: Antara dari Xinhua

Menurut pernyataan itu, sang presiden pada Selasa (3/3/2020) lalu bertemu dengan sekelompok pelajar dari sebuah sekolah di Portugal utara dalam sebuah acara dan berfoto bersama mereka.

Selang dua hari, Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa memastikan bahwa dirinya telah dinyatakan negatif virus corona.

Pernyataannya itu disampaikan ke awak media melalui balkon lantai satu pada Senin (9/3/2020). Meskipun demikian, dia menyatakan akan tetap menjalani karantina secara sukarela selama dua pekan.

4. Wapres Iran

Wakil Presiden Iran untuk Urusan Wanita dan Keluarga Masoumeh Ebtekar positif tertular Virus Corona, demikian dilansir media setempat pada Kamis (27/2/2020).

Fariba Ebtehaj, yang merupakan kepala hubungan masyarakat di institusi kepresidenan, teruji positif tertular COVID-19 dan kini berada di rumah untuk menjalani perawatan, demikian menurut Kantor Berita Tasnim.

Wakil Presiden Urusan Wanita itu kini dikarantina di rumahnya seperti dikutip situs nytimes.com, Jumat (28/2/2020).

Hal itu terungkap sehari setelah rapat kabinet yang dihadirinya, dan ketika itu dia beriteraksi dekat dengan para pemimpin pemerintah lain, termasuk Presiden Iran Hasan Rouhani.

Pandemi Virus Corona Covid-19 Sasar Presiden, Menkes hingga Politisi

Wakil Presiden Iran untuk Urusan Wanita dan Keluarga Masoumeh Ebtekar/Istimewa

Sebuah foto yang diposting oleh wartawan BBC Persia di Twitter menunjukkan dia duduk beberapa meter dari presiden.

Iran sekarang tampaknya memiliki jumlah pejabat pemerintah tertinggi yang terinfeksi virus corona, yang pertama kali dilaporkan secara resmi di kota suci Qom Iran pada 19 Februari lalu.

Selain Ebtekar, pejabat Iran lainnya yang terinfeksi termasuk Mojtaba Zolnour, Anggota Parlemen dari Qom, Kepala Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Mahmoud Sadeghi.

23 Anggota DPR

Sebanyak 23 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Iran (Majelis) Iran dilaporkan positif tertular virus corona.

Menurut Wakil Ketua DPR Iran, Abdul Reza Misri, jumlah tersebut sama dengan delapan persen dari 290 anggota Majelis yang terkena virus corona.

Misri mengatakan bahwa  Ketua DPR Iran, Ali Larijani sudah memberitahukan kejadian itu kepada Pemimpin Tertinggi Ali Khamanei melalui surat resmi.

Di dalam surat tersebut, Larijani meminta seluruh anggota DPR Iran untuk sementara menghindari bertemu dengan konstituen guna mencegah penularan dan penyebaran virus corona.

Larijani meminta masa reses di parlemen diperpanjang untuk mencegah wabah virus corona seperti dikutip CNN.com, Rabu (4/3/2020).

Jenderal Utama Polandia

Salah satu jenderal utama angkatan bersenjata Polandia dinyatakan positif tertular virus corona setelah ia kembali dari Jerman, kata kementerian pertahanan Polandia, Selasa (10/3/2020).

"Setelah kembali dari sebuah pertemuan militer di Jerman, Jenderal Mika didiagnosis mengidap virus corona. Mereka yang mendampingi beliau sudah dikarantina," kata Kementerian Pertahanan Polandia di Twitter, Selasa (10/3/2020).

Jaroslaw Mika adalah komandan jenderal angkatan bersenjata Polandia.

Pandemi Virus Corona Covid-19 Sasar Presiden, Menkes hingga Politisi

Jaroslaw Mika adalah komandan jenderal angkatan bersenjata Polandia./Istimewa

KASAD Italia

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Italia Salvatore Farina dinyatakan positif terjangkit Virus Corona (COVID-19), demikian dilaporkan media setempat pada Minggu (8/3/2020). Namun, jenderal berbintang empat memilih menjalani isolasi di rumah.

Kantor berita China, Xinhua, melaporkan kasus tersebut dengan mengutip laporan kantor berita Italia ANSA.

"Hari ini saya menjalani pemeriksaan, dan hasilnya positif," kata jenderal itu dalam sebuah pernyataan kepada media setempat dan dilaporkan kembali oleh kantor berita Italia ANSA.

"Saya baik-baik saja, saya sedang menjalani isolasi di rumah sesuai dengan arahan pemerintah dan protokol kesehatan, yang berdasarkan hal itu, kami akan memverifikasi semua orang yang melakukan kontak dengan saya dalam beberapa hari terakhir," tambah pernyataan tersebut.

"Saya akan terus bekerja dan akan digantikan oleh Jenderal (Federico) Bonato dalam berbagai kegiatan yang tidak dapat saya ikuti," tulis jenderal itu. Bonato merupakan Komandan di Komando Pasukan Operasional Terestrial dan Komando Operasional Angkatan Darat di Roma.

Perwira tinggi tersebut merupakan pejabat terbaru yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Pada Minggu (8/3/2020)  pagi waktu setempat, Gubernur Piedmont Alberto Cirio mengumumkan bahwa dirinya telah terinfeksi, sementara Gubernur Lazio Nicola Zingaretti sekaligus Ketua Partai Demokrat tengah kiri yang saat ini memerintah Italia dalam pemerintahan koalisi, melaporkan bahwa dirinya positif terinfeksi COVID-19 pada Sabtu (7/3/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper