Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Siswa Tak Mampu Bisa Jadi Mahasiswa, Ini Cara Pendaftarannya

Kabar baik bagi siswa yang berencana melanjutkan kuliah. Sebab pemerintah segera memberikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 22 Februari 2020  |  23:18 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada perwakilan siswa di SLB Negeri Pembina, Jakarta, Rabu (6/3/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kiri) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada perwakilan siswa di SLB Negeri Pembina, Jakarta, Rabu (6/3/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Peluang untuk memiliki jenjang pendidikan sarjana bagi anak yang dari keluarga tidak mampu semakin terbuka lebar.

Kini pemerintah memberikan jalur khusus bagi siswa tidak mampu. Caranya adalah mendaftar diri untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah ke laman http://kip-kuliah.kemendikbud.go.id/.

Waktu pendaftaran untuk calon mahasiswa yang kurang mampu bakal diperpanjang hingga Maret 2020. Sedangkan bagi siswa yang sudah memegang KIP Kuliah masa pendaftarannya 14-27 Februari 2020.

Sementara yang belum punya, kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam keterangan tertulisnya diminta ikut mendaftar pada periode yang sama. “Pengisian sampai pilihan program studi dan perguruan tinggi negeri,” ujarnya.

Masa finalisasi pendaftaran calon peserta yang belum punya KIP Kuliah ditunggu sampai akhir Maret. Siswa yang tidak melakukan finalisasi kata Nasih dianggap belum atau tidak mendaftar SNMPTN 2020.

Adapun pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2020 akan ditutup 27 Februari pukul 23.59 WIB, setelah dibuka per 14 Februari 2020.

Sebanyak separuh peserta yang berhak ikut telah mendaftar, akan tetapi masih banyak peserta yang belum tuntas proses pendaftarannya.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mencatat siswa yang boleh mendaftar SNMPTN se-Indonesia berjumlah 581.062 orang. Hingga Kamis 20 Februari lalu yang telah mendaftar 227.248 siswa. Sebanyak 166.438 diantaranya telah finalisasi.

Panitia meminta siswa lain yang berhak segera mendaftar. Panitia menyatakan proses pendaftaran dinyatakan selesai jika siswa sudah finalisasi atau mencetak kartu peserta. Setelah itu siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apapun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliah Kartu Indonesia Pintar

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top