Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gempa Tektonik Magnitudo 4,5 Guncang Bima Selasa Sore

Gempa tektonik dengan kekuatan 3,4 mengguncang Bima, NTB, pada Selasa sore. BMKG menyebutkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  15:38 WIB
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Bisnis.com, BIMA - Sekitar pukul  15:36:42 WITA, Selasa (18/2/2020)  gempa tektonik dengan kekuatan 4,5 mengguncang wilayah Bima, Nusa Tenggara Barat.

BMKG menyebutkan bahwa gempa bumi pada kedalaman 26 km tersebut terletak pada koordinat 7,83 LS dan 118,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 69 km Timur Laut Bima, NTB.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat sesar lokal di dasar laut," ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar M. Taufik Gunawan, dalam keterangan resmi yang disampaikan BMKG.

Adapun dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bima III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Taufik. 

Hingga pukul 16.00 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg," ujar pihak BMKG.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa bumi ntb bima

Sumber : BMKG

Editor : Saeno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top