Pendaftaran SNMPTN 2020 Dibuka, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih Kampus dan Jurusan

Siswa pendaftar SNMPTN hanya diperbolehkan untuk memilih maksimal dua program studi (prodi) dalam satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  08:32 WIB
Pendaftaran SNMPTN 2020 Dibuka, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih Kampus dan Jurusan
Peserta lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau lulus jalur undangan mengikuti arahan saat pendaftaran ulang di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Selasa (16/5). - Antara/Amplsa

Bisnis.com, JAKARTA--Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020 akan dibuka mulai hari ini, Jumat (14/2/2020), pukul 14.00 WIB.

Siswa yang dapat melakukan pendaftaran adalah siswa yang lolos pemeringkatan oleh sekolah yang dapat mendaftar SNMPTN. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh siswa yang akan mendaftar.

Mengutip laman http://www.snmptn.ac.id, dalam pendaftaran SNMPTN 2020, siswa pendaftar hanya diperbolehkan untuk memilih maksimal dua program studi (prodi) dalam satu perguruan tinggi negeri (PTN) atau dua PTN. Perlu diperhatikan bahwa urutan pilihan PTN dan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Nantinya, siswa pendaftar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan prodi. Bagi siswa pendaftar yang memilih prodi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Khusus untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), siswa pendaftar hanya diizinkan memilih prodi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Terkait daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 baru dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran dibuka.

Adapun untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik, proses seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

Panitia SNMPTN juga memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah. Selain itu, seleksi juga menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
snmptn

Editor : Hadijah Alaydrus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top