Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Virus Corona : Kemenaker Kirim 33.000 Masker untuk Pekerja Migran

Pengiriman masker dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran Virus Corona khususnya di negara-negara yang kesulitan pasokan masker.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  15:45 WIB
Masker - Antara/Galih Pradipta
Masker - Antara/Galih Pradipta
Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengirimkan 33.000 masker bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) di sejumlah negara yang kekurangan masker. Hal itu dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran Virus Corona. 
 
 Ida Fauziyah, Menteri Ketangakerjaan mengatakan,  Kemnakar bersama BPJS Ketenagakerjaan telah mengirimkan masker ke  pekerja migran di Taiwan dan Hong Kong yang mengalami kekurangan pasokan masker.
 
"Setelah ini juga akan dikirim masker ke Singapura dan Malaysia. Tapi saat ini tetap prioritas teman-temen di Hongkong dan Taiwan," ujarnya dalam keteranga resmi, Rabu (5/2/2020). 
 
Adapun, pengiriman masker ke Singapura, Malaysia, Taiwan, Hong Kong dan Korea Selatan dilakukan secara simbolis  kepada kepada Atase Ketenagakerjaan Hongkong,  Erga Grenaldi. 
 
Ida berharap para PMI terus menjaga kesehatan dengan baik dan memperhatikan sunguh-sungguh himbauan oleh pemerintah negara penempatan dan perwakilan Indonesia di negara penempatan. 
 
"Meski memakai masker itu tidak enak karena tertutup, saya minta PMI disiplin mengikuti himbauan yang dilakukan negara setempat maupun perwakilan kita," tambahnya.
 
Ida mengatakan jumlah PMI yang berada di Tiongkok sangat sedikit, sehingga pemerintah tak menempatan Atnaker di negara Tiongkok. PMI, katanya, terbesar berada di Taiwan dan Hong Kong. 
 
Ida menjelaskan untuk upaya pencegahan penyebaran Virus Corona, saat ini Kemenaker telah melakukan koordinasi yang intensif secara lisan, maupun tertulis dengan para Atase/Staf Teknis/Kepala Bidang Ketenagakerjaan di 12 negara penempatan, dengan tetap di bawah koordinasi Perwakilan RI setempat.
 
Adapun langkah atau upaya antisipasi/preventif yang mesti dilakukan di 12 perwakilan RI  tersebut yakni penyebaran informasi (sosialisasi), terkait tindak pencegahan Virus Corona kepada para komunitas PMI melalui media sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus corona Kemenaker
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top