Mutasi dan Promosi Polri, Kapolri Rokade Sejumlah Kapolda

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melakukan mutasi dan promosi atas sejumlah perwira menengah dan perwira tinggi Polri. Keputusan mutasi dan promosi Pamen dan Pati Polri tertuang dalam surat telegram bernomor 385, 386, 387, 388 ter tanggal 3 Februari 2020.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  12:08 WIB
Mutasi dan Promosi Polri, Kapolri Rokade Sejumlah Kapolda
Kapolri Idham Azis - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Rokade atau pertukaran posisi terjadi di kalangan perwira menengah dan perwira tinggi Polri. 

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melakukan mutasi dan promosi atas sejumlah perwira menengah dan perwira tinggi Polri. Keputusan mutasi dan promosi Pamen dan Pati Polri tertuang dalam surat telegram bernomor 385, 386, 387, 388 ter tanggal 3 Februari 2020.

Beberapa Pati Polri yang mendapatkan promosi dan mutasi jabatan tersebut di antaranya adalah Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Kekosongan jabatan Kapolda Kalimantan Barat itu kemudian diisi oleh Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto. Sigid sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara. Jabatan yang ditinggalkan Sigid selanjutnya diisi oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa.

Jabatan Kapolda Maluku yang ditinggal oleh Irjen Pol Royke dipercayakan kepada Brigjen Pol Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabt Kapolda Sulawesi Barat. Kapolda Sulawesi Barat, kini diisi oleh Brigjen Pol Eko Budi Sampurno.

Kapolda Jambi Irjen Muchlis juga dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan Polri. Kini, Kapolda Jambi diisi oleh Irjen Firman Shantyabudi.

Sementara itu, Kapolda Aceh Irjen Rio Septianda Djambak mendapat promosi jabatan, diangkat jadi Kasespim Lemdiklat Polri. Jabatan lamanya diserahkan kepada Brigjen Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kapolda Gorontalo.

Lalu, Kapolda Gorontalo digantikan Brigjen Adnas yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan. Jabatan Wakapolda Sulawesi Selatan diisi Brigjen Halim Pagarra yang saat ini menjabat Dirregident Korlantas Polri.

Sementara, Pamen yang mendapatkan promosi dan mutasi jabatan yaitu:

  • Kombes Pol Yusuf, sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Metro Jaya, dipromosikan menjadi Dirregident Korlantas Polri. Jabatan yang ditinggalkan Yusuf diisi oleh Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo
  • Brigjen Pol Rikwanto dipromosikan menjadi Kapolda Maluku Utara, sebelumnya Rikwanto menjabat Wakapolda Kalimantan Tengah. Jabatan Wakapolda Kalimantan Tengah selanjutnya diisi oleh Brigjen Pol Indro Wiyono
  • Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Maltha juga dimutasi ke jabatan Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Kini, Kadiv Hubinter Polri diisi oleh Brigjen Pol Napoleon Bonaparte
  • Dir Tipidnarkoba Brigjen Pol Eko Daniyanto mendapat promosi ke Badan Natkotika Nasional (BNN). Jabatan Dir Tipidnarkoba diisi Kombes Pol Krisno Halomoan

Terkait dengan pemeriksaan sejumlah Pamen Polri, mereka dimutasi di antaranya Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara AKBP M Nur Akbar dimutasi ke Pamen Yanma Polri, Kapolres Ogan Komering AKBP Tito Travolta Hutahuruk dimutasi ke Pamen Yanma Polri, Kapolres Pinrang AKBP Bambang Suharyono dimutasi ke Pamen Yanma Polri, Kapolres Konawe AKBP Susilo Setiawan dimutasi ke Pamen Yanma Polri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kapolri

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top