Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hadiri Imlek Nasional 2020, Jokowi Kenakan Cheongsam Karya Anne Avantie

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri perayaan Imlek Nasional 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  10:49 WIB
Presiden Joko Widodo memberi rambutan dalam Perayaan Imlek Nasional 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020). JIBI - Bisnis/ Muhammad Khadafi.
Presiden Joko Widodo memberi rambutan dalam Perayaan Imlek Nasional 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020). JIBI - Bisnis/ Muhammad Khadafi.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri perayaan Imlek Nasional 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

Presiden Jokowi datang mengenakan busana heongsam karya Anne Avantie berwarna merah. Busana yang dipakai Jokowi merupakan busana khas China yang dipakai saat Imlek. Pakaian ini lazimnya digunakan untuk menghadiri acara-acara resmi.

Cheongsam juga dikenal dengan nama changshan. Mengutip berbagai sumber, baju ini diperkenalkan pada era Dinasti Qing atau sekitar abad 17 hingga 20.

“Saya senang pagi hari ini saya bisa memakai baju ini. Ketua panitia pakai baju trandisional Jawa, kebalik-balik,” kata Jokowi dalam sambutan.

 Adapun tahun ini kali kedua Jokowi datang ke perayaan Imlek Nasional. Setelah tiga tahun sebelumnya dia tidak hadir karena ada banyak forum, asosiasi atau himpunan yang mengundangnya dalam acara yang berbeda. Pada tahun lalu Jokowi mengenakan batik berwarna biru. 

Jokowi juga menyoroti pakaian yang dikenakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Menko PMK pakai baju adat Tionghoa tapi pakai peci. Nggak ada selain di Indonesia ini nggak ada,” tambah Jokowi.

Anne Avantie adalah perancang busana Indonesia yang telah dikenal dalam skala internasional dan rancangannya sering digunakan oleh para selebritas Indonesia hingga korporasi.

Imlek Nasional 2020 diperkirakan dihadiri oleh 10.000 undangan yang berasal dari lintas-pihak, profesi, dan keimanan. Di antara para undangan, ada 29 orang raja dari berbagai kerajaan di penjuru Nusantara sebagai bukti bahwa perayaan Imlek bukan lagi milik suku Tionghoa semata, melainkan juga budaya yang bisa dinikmati semua kalangan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi imlek anne avantie
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top