Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gempa Dahsyat 7,7 SR di Laut Kuba Picu Peringatan Tsunami

Laut selatan Kuba diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,7 skala richter. Gempa yang terjadi pada Selasa waktu setempat atau Rabu (29/1/2020) pagi WIB, memicu peringatan tsunami di Kuba, Jamaika dan Kepulauan Cayman.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  13:43 WIB
Ilustrasi-Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
Ilustrasi-Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  Laut selatan Kuba diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,7 skala richter. Gempa yang terjadi pada Selasa waktu setempat atau Rabu (29/1/2020) pagi WIB, memicu peringatan tsunami di Kuba, Jamaika dan Kepulauan Cayman.

Menurut Survei Geologi AS (USGS) dan Pusat Informasi Tsunami Internasional episentrum gempa awalnya dilaporkan berkekuatan 7,3 sebelum ditingkatkan menjadi 7,7 skala richter. Pusat gempa berada antara Jamaika, Kepulauan Cayman, dan Kuba, pada kedalaman 6,2 mil (10 km).

Gempa itu tidak terasa kuat di ibukota Kuba, Havana, atau di Kingston, Jamaika, menurut saksi mata Reuters.

Sementara itu, Mikhail Campbell, seorang petugas hubungan media kepolisian di Kepulauan Cayman, mengatakan, ia tidak segera mengetahui adanya laporan kerusakan serius akibat gempa tersebut, tetapi peringatan tsunami segera dikeluarkan.

"Gelombang berbahaya tsunami dari gempa ini dimungkinkan hingga 300 km (186 mil) dari pusat gempa di sepanjang pantai Jamaika, Kepulauan Cayman dan Kuba," kata Pusat Informasi Tsunami Internasional.

Badan manajemen bencana untuk pemerintah Kepulauan Cayman di Twitter mendesak penduduk untuk pindah dari daerah pantai dan mengatakan bahwa mereka yang berada di daerah dataran rendah harus "mengungsi secara vertikal" di gedung-gedung bertingkat yang kuat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa tsunami kuba

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top