Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenang Ade Irawan, Sosok Ibu yang Ulet dan Penyabar

Sosok sebagai ibu penyabar, dalam sejumlah film layar lebar yang dibintanginya di masa lalu, lekat dalam diri Ade Irawan. Hari ini, ibu penyabar ini meninggal dunia tak berapa lama dari kepulangan putri bungsunya, Ria Irawan.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 17 Januari 2020  |  17:57 WIB
Ade Irawan - instagram/mellygoeslaw
Ade Irawan - instagram/mellygoeslaw

Bisnis.com, JAKARTA - Sosok sebagai ibu yang ulet dan penyabar, dalam sejumlah film layar lebar yang dibintanginya di masa lalu, lekat dalam diri Ade Irawan. Hari ini, sosok ibu penyabar itu meninggal dunia. Ade Irawan meninggal tak berapa lama dari kepulangan putri bungsunya, Ria Irawan. 

"Inalillahi wainaillaihi rojiun telah meninggal dunia Ibuku tercinta Ibu Adek Irawan di rs fatmawati hari ini jumat 17 jan pukul 14.22 WIB, Mohon dimaafkan kesalahan2an nya dan yakin husnul khotimah, Aamiin YRA. Rumah duka Lebak Lestari Indah Residen Lebak Bulus-Jaksel, demikian pesan duka itu diungkap Adi Bambang Irawan di akun instagramnnya.

Belum lama aktris senior bernama asli Arzia Dahar  ini mendapat penghargaan khusus "Lifetime Achievement" Piala Citra 2019 di malam puncak Festival Film Indonesia (FFI), Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Dalam video yang ditayangkan pada perhelatan penghargaan puncak dunia film Tanah Air, Ade yang berusia 82 tahun itu mengucapkan rasa terima kasih untuk orang-orang yang selama ini telah berjasa, termasuk sesama insan perfilman dan para penonton film Indonesia.

Piala untuk aktris Ade Irawan diterima oleh putrinya yang juga mengikuti jejak Ade sebagai aktris, Dewi Irawan.

Mewakili ibunya, Dewi menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang sudah lama ingin didapatkan sang ibu.

"Selama ini ibu saya pengin banget dapat Lifetime Achievement, tapi ibu saya bilang, orang kalo dikasih Lifetime Achievement FFI pasti kalau lagi sakit jadi enggak bisa datang. Tapi Bu, paling enggak Ibu sudah dapat sekarang," ujar Dewi di atas panggung.

Ade Irawan adalah aktris senior Indonesia yang pertama kali terjun ke dunia film pada 1964, sebagai figuran di film "Diambang Fadjar".

Ade menikah dengan aktor sekaligus sutradara Bambang Irawan, kemudian dikaruniai lima anak yang sebagian mengikuti jejak orangtua di dunia seni peran, yakni Dewi Irawan dan Ria Irawan.

Di saat anak-anaknya masih kecil, Ade Irawan harus menjadi orang tua tunggal karena suaminya, Bambang Irawan, meninggal dunia.

Ade menerima penghargaan Kesetiaan Profesi dari Dewan Film Nasional pada 1993.

Kini Ade Irawan telah berpulang, Lifetime Achievement FFI menjadi piala yang diidamkan dan paling akhir yang diterima sosok ibu penyabar ini. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

artis indonesia obituari

Sumber : Bisnis.com/Instagram

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top