Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Uji Coba Rudal Supersonik Kinzhal

Jet pencegat MiG-31K milik Rusia melakukan uji coba peluru kendali hipersonik Kinzhal (Pisau Belati) di bagian Artik Rusia awal bulan ini, kata dua sumber militer yang dikutip kantor berita TASS pada Sabtu.
Video tes Rudal Kinzhal Juli 2018 dari Youtube Russia Insight
Video tes Rudal Kinzhal Juli 2018 dari Youtube Russia Insight

Bisnis.com, JAKARTA - Jet pencegat MiG-31K milik Rusia melakukan uji coba peluru kendali hipersonik Kinzhal (Pisau Belati) di bagian Artik Rusia awal bulan ini, kata dua sumber militer yang dikutip kantor berita TASS pada Sabtu.

Laporan itu tersiar sehari setelah dinas intelijen Denmark memperingatkan persaingan geopolitik yang meningkat di Utara, wilayah Bumi yang beku, dan mengatakan militer China terus meningkatkan riset ilmiah di Artik sebagai cara masuk ke kawasan itu.

"Uji coba berlangsung pada pertengahan November," menurut TASS yang mengutip sumber-sumber tersebut, seperti dilaporkan Antara, Sabtu (30/11/2019).

Pencegat MiG-31K tinggal landas dari lapangan terbang Olenegorsk di kawasan Murmansk di bagian utara dan menembakkan rudal itu terhadap sasaran di darat di pusat pelatihan darat Pemboi di kawasan Komi Artik Rusia, kata TASS, yang tak memberikan rincian lebih jauh.

Dinas Intelijen Pertahanan Denmark menyatakan dalam laporan tahunannya pada Jumat (29/11) bahwa "satu permainan kekuatan besar sedang dibentuk" antara Rusia, Amerika Serikat dan China, yang meningkatkan level ketegangan di kawasan Artik.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan keberadaan Kinzhal pada Maret 2018 bersama dengan sistem rudal lainnya yang dia sebut tak terkalahkan, dengan melukiskan bagaimana rudal itu bisa menghindari pertahanan musuh.

Media Rusia melaporkan bahwa Kinzhal dapat mengenai sasaran hingga 2.000 km jauhnya dengan hulu ledak konvensional atau nuklir dan peluru-peluru kendali tersebut sudah dikerahkan di distrik militer bagian selatan Rusia.

Lihat uji coba rudal Kinzha tahun lalu yang ditayangkan akun Youtube Russia Insight 25 juli 2018 di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper