Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rayakan Thanksgiving, Trump Kunjungi Pasukan AS di Afghanistan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kemarin menemui pasukannya di Afghanistan saat perayaan hari Thanksgiving dan menyatakan harapannya milisi Taliban akan menyetujui gencatan senjata dalam perang terpanjang Amerika Serikat tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 November 2019  |  06:31 WIB
 Personel militer AS menyambut Presiden AS Donald Trump setelah sambutannya kepada pasukan AS dalam kunjungan mendadak ke Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, 28 November 2019. - Reuters
Personel militer AS menyambut Presiden AS Donald Trump setelah sambutannya kepada pasukan AS dalam kunjungan mendadak ke Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, 28 November 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kemarin menemui pasukannya di Afghanistan saat perayaan hari Thanksgiving dan menyatakan harapannya milisi Taliban akan menyetujui gencatan senjata dalam perang terpanjang Amerika Serikat tersebut.

Kunjungan tanpa diduga itu adalah yang pertama baginya ke Afghanistan sejak menjadi presiden dan datang seminggu setelah pertukaran tahanan antara Washington dan Kabul. Langkah itu dinilai akan meningkatkan harapan untuk kesepakatan damai yang sulit dipahami.

"Taliban ingin membuat kesepakatan dan kami akan bertemu dengan mereka," kata Trump sesampainya di Afghanistan setelah penerbangan semalam dari Amerika Serikat.

Penerbangan itu dirahasiakan karena alasan keamanan.

“Kami mengatakan harus ada gencatan senjata dan sebelumnya mereka tidak ingin melakukan gencatan senjata. Tapi  sekarang mereka ingin melakukan gencatan senjata, saya percaya. Mungkin akan berhasil seperti itu," katanya seperti dikutip Reuters, Jumat (29/11/2019).

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Presiden AS  Donald Trump berjabat di depan personel militer AS di saat kunjungan mendadak di Pangkalan Udara Bagram di Afghanistan, 28 November 2019./Reuters

Para pemimpin Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok itu kembali mengadakan pertemuan dengan para pejabat senior AS di Doha sejak akhir pekan lalu. 

Mereka menambahkan bahwa mereka dapat segera melanjutkan pembicaraan damai secara formal.

Pesawat kepresidenan Air Force One mendarat di Lapangan Terbang Bagram sore kemarin. Turut dalam rombongan itu  penasihat keamanan nasional Gedung Putih Robert O'Brien, sekelompok kecil pembantu dan agen Dinas Rahasia. Dua balon udara pengintai terbang di atas pesawat itu.

Trump bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan menyajikan menu ayam kalkun kepada beberapa pasukan AS sebelum duduk untuk makan malam Thanksgiving bersama mereka.

Dia juga terlibat pembicaraan dan berfoto dengan beberapa pasukan AS di sana.

“Pekerjaan yang sangat bagus. Suatu kehormatan berada di sini, "katanya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat afghanistan Donald Trump
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top