Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi AS Diproyeksi Membaik Di Kuartal III

Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) pada kuartal III/2019 akan meningkat sebesar 2,1% (yoy) dibandingkan proyeksi bulan sebelumnya sebesar 1,9% (yoy).
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 28 November 2019  |  07:33 WIB
Bursa Saham AS - Reuters
Bursa Saham AS - Reuters

Bisnis.com, BANDUNG – Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diperkirakan mengalami kenaikan pada kuartal ketiga tahun ini, dibandingkan posisi kuartal sebelumnya.

Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) pada kuartal III/2019 akan meningkat sebesar 2,1% (yoy) dibandingkan proyeksi bulan sebelumnya sebesar 1,9% (yoy).

Data Departemen Perdagangan AS yang dirilis hari ini, Rabu (27/11/2019), menunjukkan kenaikan ini disebabkan oleh melambatnya penurunan investasi dan pencadangan yang lebih kuat.

Namun, pemerintah AS mengawasi adanya tanda-tanda ekonomi kembali melambat di awal kuartal keempat di tengah melambatnya belanja konsumen dan penurunan dalam investasi bisnis.

Perang dagang Trump dengan China telah mengikis kepercayaan bisnis di AS sehingga berkontribusi terhadap kontraksi ekonomi dalam dua kuartal terakhir, khususnya dalam sektor investasi.

Stimulus yang memudar dari paket pemotongan pajak US$1,5 triliun tahun lalu menyurutkan momentum ekspansi. Kendati demikian, pemerintah AS melihat risiko resesi telah mereda dalam waktu dekat karena pasar perumahan telah pulih dari guncangan kecil tahun lalu.

Bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), bulan lalu telah memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini. Dalam rilis terakhirnya tersebut, Fed mengisyaratkan akan menempuh jeda dalam siklus pelonggarannya yang telah dimulai sejak Juli lalu, ketika bank sentral mengurangi biaya pinjaman untuk pertama kalinya sejak 2008.

Departemen Perdagangan AS tidak merevisi pertumbuhan konsumsi. Konsumsi rumah tangga tetap diperkirakan tumbuh 2,9% pada kuartal ketiga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat

Sumber : Reuters

Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top