Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Rusia-Prancis Bahas Rencana Perdamaian dengan Ukrania

Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Prancis, Presiden Emmanuel Macron membahas rencana pertemuan perdamaian dengan Ukrania lewat sambungan telepon pada Senin (18/11/2019).
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA –Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Prancis, Presiden Emmanuel Macron membahas rencana pertemuan perdamaian dengan Ukrania lewat sambungan telepon pada Senin (18/11/2019).

Hal itu dilaporkan oleh Interfax, kantor berita nonpemerintah Rusia yang berbasis di Moskwa, seperti dikutip oleh Reuters.

Kremlin (kantor resmi Presiden Rusia) juga mengkonfirmasi bahwa Putin ikut serta dalam pertemuan puncak internasional empat pihak pada 9 Desember 2019 dengan para pemimpin Prancis, Jerman, dan Ukrania. Pertemuan itu terkait dengan upaya untuk memajukan resolusi damai dalam konflik di Ukrania Timur.

Beberapa waktu lalu, Presiden Putin sempat menyatakan akan membahas konflik di Ukrania Timur apabila bertemu dengan pemimpin baru Ukrania yakni Presiden Volodymyr Zelensky.

Secara terpisah, Zelensky yang baru dilantik pada Mei 2019, juga menyampaikan tawaran kepada Presiden Putin untuk bertemu dan berunding serta meminta para pemimpin negara barat menjadi penengah.

Zalensky menawarkan agar dalam upaya dialog yang baru nantinya melibatkan pimpinan Amerika Serikat dan Inggris, dua negara yang menjadi pendukungnya, serta Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sebagai informasi, konflik menahun yang meletus di Ukrania Timur, terjadi  sejak 2014 setelah adanya pemberontakan rakyat yang digulingkan presiden pro-Kremlin Viktor Yanukovych. Sedikitnya 13.000 orang korban dilaporkan tewas dalam perang antara militer dan kelompok separatis itu.

Ukrania dan negara Barat pendukungnya menuding Rusia ikut mendukung para pemberontak dan menyalurkan persenjataan dan pasukan. Selain itu, konflik tersebut juga diperparah dengan aksi Rusia yang mencaplok dan menduduki Crimea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper