Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemugaran Candi Selogriyo Akhirnya Rampung

Ada beberapa batu yang harus diganti karena batu yang asli tidak ada dan secara konstruksi maupun estetis memang harus ada.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 November 2019  |  06:38 WIB
Candi Selogriyo di Desa Candisari, Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. - Antara/Heru Suyitno
Candi Selogriyo di Desa Candisari, Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. - Antara/Heru Suyitno

Bisnis.com, Magelang — Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah telah menyelesaikan pemugaran Candi Selogriyo di Desa Candisari, Windusari, Kabupaten Magelang pada awal November 2019.

"Tim BPCB Jateng telah menyelesaikan pemugaran Candi Selogriyo termasuk penataan lingkungannya," kata Junawan, Ketua Tim Pemugaran Candi Selogriyo, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, pemugaran yang dilakukan merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun lalu.

Dia menuturkan bahwa pada 2018 Candi Selogriyo dibongkar kemudian dibangun kembali, tetapi baru sampai pada lapis ke-9 dan tahun ini dilanjutkan hingga selesai.

Junawan menuturkan bahwa tim tidak menemui kendala yang berarti dalam pelaksanaan pemugaran, tetapi dari segi arkeologinya memang candi ini unik, bentuknya tambun, dan arsiteknya rapat atau penuh.

Dalam proses pemugaran, katanya, memang ada beberapa batu yang harus diganti karena batu yang asli tidak ada dan secara konstruksi maupun estetis memang harus ada.

Junawan mencontohkan salah satu batu sudut tidak ada, padahal batu tersebut juga berfungsi sebagai penyangga batu di atasnya sehingga harus ada batu penggantinya.

Dengan pemugaran ini, tuturnya, diharapkan bangunan candi Hindu ini bisa bertahan lebih lama lagi untuk pengembangan dan pemanfaatannya.

"Jangan sampai pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya tersebut justru merusaknya!" katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

candi Cagar Budaya

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top