Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sofyan Basir Divonis Bebas, Istana: Kita Hormati Proses Hukum

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan pemerintah menghormati proses hukum yang dialami oleh mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sofyan Basir, yang divonis bebas atas kasus suap.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 05 November 2019  |  16:53 WIB
Mantan Dirut PLN Sofyan Basir menyampaikan tanggapan atas putusan terhadap dirinya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (4/11/2019). Majelis hakim memvonis bebas Sofyan Basir.  - Antara
Mantan Dirut PLN Sofyan Basir menyampaikan tanggapan atas putusan terhadap dirinya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (4/11/2019). Majelis hakim memvonis bebas Sofyan Basir. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan pemerintah menghormati proses hukum yang dialami oleh mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sofyan Basir, yang divonis bebas atas kasus suap.

"Kita menghormati, putusan dari pengadilan tingkat pertama. Mungkin kalau KPK akan maju kasasi, tetap kita hormati," kata Fadjroel di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Fadjroel yang belum sebulan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Juru Bicara Presiden itu menyatakan pemerintah menghormati semua peraturan perundang-undangan dan semua proses yang mengikutinya.

Seperti diketahui, majelis hakim menyatakan bahwa Sofyan tidak terbukti memfasilitasi transaksi suap dari pengusaha Johannes B. Kotjo ke mantan anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan juga eks Sekjen Golkar Idrus Marham

Hakim menyatakan bahwa terdakwa Sofyan tidak terlibat dalam kasus dugaan suap berkaitan dengan proses kesepakatan proyek Independent Power Producer (IPP) PLTU Mulut Tambang Riau-1.

"Mengadili menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan pertama dan kedua," kata hakim ketua Hariono membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor, Senin (4/11/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sofyan basir
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top