Jejak Menteri Agama Baru Berkarir Militer di Perusahaan Terbuka

Presiden Joko Widodo menunjuk Fachrul Razi, mantan Wakil Panglima TNI, sebagai Menteri Agama.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  10:05 WIB
Jejak Menteri Agama Baru Berkarir Militer di Perusahaan Terbuka
Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019) - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk Fachrul Razi, mantan Wakil Panglima TNI, sebagai Menteri Agama.

Pengumuman itu disampaikan oleh Jokowi di di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Kabinet pemerintahan Jokowi periode 2019-2024 itu dinamakan Indonesia Maju.

"Beliau urusan yang terkait dengan radikalisme, ekonomi umat dan industri halal," kata Jokowi.

Fachrul tidak dikenal secara luas oleh publik di bidang keagamaan. Karir dia membentang di militer mulai dari Kostrad hingga Wakil Panglima TNI pada 1999-2000. Secara akademik, dia belajar hukum di sejumlah perguruan tinggi.

Selain militer, Fachrul dikenal sebagai komisaris di sejumlah perusahaan terbuka atau emiten di Bursa Efek Indonesia. Pada saat ini, dia tercatat sebagai Komisaris Utama PT Antam (Persero) Tbk./ANTM dan PT Central Proteina Prima Tbk./CPRO.

Di CPRO atau perusahaan pengolah makanan hasil laut, Fachrul menjadi Komisaris Utama sejak 2012. Di ANTM atau perusahaan tambang milik negara, Fachrul menjadi Komisaris Utama sejak 2015. Fachrul juga pernah menjadi Komisaris PT Toba Sejahtera, perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki oleh mantan tentara lainnya, Luhut Binsar Panjaitan serta menjadi salah satu pemegang saham PT Toba Bara Sejahtera Tbk./TOBA.

Saat namanya diumumkan di Istana Merdeka oleh Jokowi, Fachrul berdiri dan langsung mengucapkan salam Islam, Assallammualaikum. Sehari sebelum pelantikan, Fachrul menyatakan dirinya tidak mewakili partai politik, melainkan kaum "profesional"

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top