Erick Thohir Masuk Istana, Ini Profil dan Sepak Terjangnya

Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mendatangi istana kepresidenan pada pagi ini.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 21 Oktober 2019  |  12:31 WIB
Erick Thohir Masuk Istana, Ini Profil dan Sepak Terjangnya
Erick Thohir mendatangi Istana Kepresienan Jakarta, Senin (21/10/2019) - Bisnis/Yodie Hardiyan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mendatangi istana kepresidenan pada pagi ini, Senin (20/10/2019).

Presiden Joko Widodo pada Minggu (20/10/2019) sempat menyebut bahwa akan mengenalkan para menterinya.

Nama Erick Thohir populer di masyarakat setelah dia menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) pada 2018 silam. Namanya semakin dikenal saat dia menjadi Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf. Namun, sejatinya, Erick adalah seorang pengusaha nasional.

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 itu memulai karier bisnisnya dengan meneruskan warisan ayahnya di bidang restoran. Setelah itu Erick pun memulai bisnisnya sendiri dengan mendirikan Mahaka Group.

Mahaka Media, mengakuisisi Harian Republika pada 2001 yang saat itu didera krisis ekonomi. Ia menduduki kursi Direktur di Mahaka Media hingga 2008.

Kemudian, sejak 2010 hingga kini ia menjadi komisioner di Mahaka Media. Selain media cetak, Mahaka Group miliknya juga tercatat membawahi JakTV, stasiun radio GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio.

Bapak tiga anak ini juga memiliki usaha di bidang periklanan, jual-beli tiket, serta desain situs web.

Bisnisnya pun merambah ke olahraga dengan membeli saham mayoritas klub sepak bola asal italia Inter Milan Massimo Moratti pada 2013 bersama dua temannya, Rosan Roeslani dan Handy Soetodjo. Sahamnya di Inter Milan pun ia jual pada 2016 ke perusahaan China bernama Suning Group.

Erick Thohir juga dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki Tim Basket NBA dengan membeli saham dari Philadelphia 76ers.

Kiprahnya di bisnis Olahraga lantas membuat Erick didapuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (Inasgoc). Erick dinilai berhasil melaksanakan perhelatan olahraga terbesar di Asia tersebut.

Kariernya pun merambah ke dunia politik setelah diringa ditunjuk sebagai Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin. Erick mengantarkan Jokowi dan Ma'ruf memenangi Pemilihan Presiden 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
erick thohir, Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top