Calon Menteri Tetty Paruntu, Ini Latar Belakang Pendidikannya

Christiany Eugenia Paruntu lahir pada 25 September 1967 di Manado, Sulawesi Utara. Anak mantan rektor Universitas Sam Ratulang ini lulusan Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington–Notingham, Inggris.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 21 Oktober 2019  |  11:39 WIB
Calon Menteri Tetty Paruntu, Ini Latar Belakang Pendidikannya
Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Ma'ruf Amin periode tahun 2019-2024 - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Christiany Eugenia Paruntu lahir pada 25 September 1967 di Manado, Sulawesi Utara. Anak mantan rektor Universitas Sam Ratulang ini lulusan Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington–Notingham, Inggris.

Setelah itu dia melanjutkan pendidikan di negara yang sama, yaitu Pitman College mengambil jurusan Manajemen Bisnis, dan West London College mengambil jurusan Sistem Informasi Manajemen.

Wanita yang disapa Tetty ini memulai karir politik pada 2003 bersama Partai Golkar. Dia mengikuti jejak kedua orang tuanya yang juga kader Partai Beringin. Dari situ, dia lalu menjadi Bupati Minahasa yang terpilih dua periode, yaitu 2010—2015 dan 2015—2020.

Tetty dikenal tegas saat menjadi bupati. Ini terlihat saat dia menolak adanya aktivitas bongkar kapal aspal curah berkawasan di kawasan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI). Alasannya itu akan merusak lingkungan hidup disekitar. Di sana, banyak spesies biota laut.

Dia juga pernah memberikan peringatan tegas kepada para kepala satuan kerja perangkat daerah jika daerahnya mendapat opini tidak menyatakan pendapat. Bahkan mereka harus siap-siap menanggalkan jabatannya jika terjadi.

Sepanjang karirnya, dia memiliki beberapa penghargaaan. Semuanya adalah Best Dressed Woman Indonesia (1992), dari Lions Club International (2007), dan Ibu Pembangunan Desa dari Manado Post (2009).

Pada Juni lalu, Tetty pernah dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus korupsi distribusi pupuk yang menyeret anggota DPR Bowo Pangarso.

Tetty dipanggil sebagai saksi Indung. Dia adalah orang kepercayaan Bowo. Tetty dipanggil untuk menelusuri asal penelusuran gratifikasi Bowo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
partai golkar, Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top