KABAR PASAR 21 Oktober: PR Besar Jokowi-Ma’ruf, Pasar Modal Bergairah

Berita mengenai pekerjaan yang menanti kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dan prospek pasar modal pascapelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Senin (21/10/2019).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 21 Oktober 2019  |  08:29 WIB
KABAR PASAR 21 Oktober: PR Besar Jokowi-Ma’ruf, Pasar Modal Bergairah
Presiden Joko Widodo mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Antara - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai pekerjaan yang menanti kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dan prospek pasar modal pascapelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Senin (21/10/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

PR Besar Jokowi-Ma’ruf. Para pebisnis menaruh harap Pemerintahan Joko Widodo—Ma’ruf Amin selama periode 2019—2024 mampu menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah dan memacu laju pertumbuhan ekonomi di tengah ancaman resesi perekonomian global. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani menilai pidato kenegaraan yang dibacakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan harapan bagi dunia usaha.

Publik Gadang Wajah Lama. Presiden Joko Widodo menjanjikan banyak wajah baru dalam kabinetnya 5 tahun ke depan. Namun, sejauh ini wajah lama masih mendominasi diskusi publik untuk menempati dua ‘kursi panas’, yakni Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Negosiasi Penuh Gengsi ala Johnson. Boris Johnson terimpit. Langkah agresif PM Inggris itu terjebak setelah parlemen mengharuskan pemerintah untuk mengajukan perpanjangan Brexit jika tidak ada kesepakatan yang tercapai. Johnson secara resmi mengajukan perpanjangan Brexit sampai dengan 31 Januari 2020 kepada Uni Eropa.

Berebut Gelar Raja Kopi. Indonesia berencana mengerek produksi kopi dan bersaing ketat dengan Vietnam dan Brasil untuk mengantisipasi penaikan permintaan dari China. Pada saat bersamaan, pasokan kopi global saat ini sedang berlimpah.

Pasar Modal Bergairah. Pascapelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa jabatan 2019—2024 diyakini bakal membawa angin segar bagi pasar modal. Kepastian dari sisi politik diklaim bakal menambah tenaga indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (21/10).

Penyehatan PDAM Jadi Fokus. Penyehatan kinerja perusahaan daerah air minum (PDAM) menjadi salah satu fokus kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat. Setiap tahun, 10%—20% perusahaan yang sakit akan disehatkan.

Pembuktian Formula Ketuk Pintu. Jawa Barat menunjukkan bukti strategi kepala daerah yang tepat, mengaktivasi jejaring lintas benua, mematangkan proyek yang layak investasi, dan kerja sama antarpemangku kepentingan berbuah hasil nyata 23 nota kesepahaman investasi setara dengan Rp53 triliun dan 30.000 lapangan kerja dibukukan dalam 1 hari ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2019.

BPJS Kesehatan Siapkan Sejumlah Jurus. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan akan menyiapkan skema masa tunggu atau waiting period selama 6 bulan bagi ibu hamil yang hendak melahirkan. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kepatuhan peserta dan mengendalikan anggaran layanan persalinan pada program asuransi sosial tersebut.

Industri TPT Harus Diamankan. Pelaku industri tekstil dan produk tekstil (TPT) meminta agar pemerintah segera memperketat arus barang impor untuk mengamankan pasar domestik demi mengantisipasi dampak resesi global yang diproyeksikan terjadi pada tahun depan.

2 Satelit Baru Disiapkan untuk Daerah 3T. Setelah pembangunan tiga proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut Palapa Ring rampung, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi merencanakan pengembangan kapasitas internet di daerah tertinggal, terdepan dan terluar Indonesia dengan menambah dua satelit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, Ma'ruf Amin

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top