Ketua KPU : Apa pun yang Terjadi, Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Kami Masukan dalam Laporan

Ketua KPU Arief Budimana menyebutkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI akan masuk dalam laporan komisi penyelenggara pemilu itu, apa pun situasi yang terjadi.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 20 Oktober 2019  |  13:03 WIB
Ketua KPU : Apa pun yang Terjadi, Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Kami Masukan dalam Laporan
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman - Bisnis/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua KPU Arief Budimana menyebutkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI akan masuk dalam laporan komisi penyelenggara pemilu itu, apa pun situasi yang terjadi.

Menurut Arief pelantikan merupakan tahapan terakhir yang diatur KPU. Semua kegiatan yang terjadi selama pelantikan akan menjadi laporan KPU untuk terus memperbaiki kinerja ke depan.

"Pelantikan ini jadi tahapan terakhir yang diatur KPU. Kami harap pelantikan berjalan lancar tertib sampai selesai. Apa pun yang terjadi akan kami masukan dalam laporan kami," kata Arief.

Di sisi lain Arief memastikan kinerja pemerintah khususnya pemilihan kepala daerah 2020 akan lebih baik setelah pelantikan Kepala Negara.

Menurut Arief dengan telah terpilihnya Kepala Negara dan para menteri akan ada perbaikan regulasi yang belum sempurna. KPU mengharapkan nantinya DPR dan pemerintah bisa membahas regulasi yang belum sempurna tersebut sehingga pemilihan kepala daerah berjalan lebih baik.

Adapun regulasi yang diharapkan dapat didiskusikan di pemerintahan selanjutnya yakni mengenai rekapituliasi suara yang dapat dilakukan dalam bentuk digital berupa e-recap dan syarat pencalonan untuk mantan terpidana.

Arief menegaskan, sejak pelaksanaan pesta demokrasi pada 1999, kegiatan tersebut berlangsung semakin baik. Pemilihan umum yang dilakukan Indonesia juga semakin kredibel.

"Bukan hanya pemantauan tetapi sekarang banyak negara yang belajar demokrasi ke Indonesia," kata Arief, Minggu (20/10/2019), sebelum mengikuti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpu, Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top