Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roy Suryo Sebut Kasus Imam Nahrawi Mirip Andi Mallarangeng

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi kasus dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia. Selain dia Asisten Pribadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Miftahul Ulum juga dijerat.
Menpora Imam Nahrawi/ANTARA-Reno Esnir
Menpora Imam Nahrawi/ANTARA-Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi kasus dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia. Selain dia Asisten Pribadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Miftahul Ulum juga dijerat.

Mantan Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengaku prihatin atas kasus tersebut. Dia mengatakan bahwa yang menimpa Imam mirip kasus yang pernah terjadi sebelumnya. 

“Untuk kedua kalinya kasus yang, tidak sama sih, tapi mirip terjadi di kantor Kemenpora persis sebelum saya. Saya waktu itu menggantikan Mas Andi Alfian Mallarangeng,” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, (19/92019).

Andi sebelumnya terjerat korupsi proyek Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Desember 2012. Mengacu dua kasus ini, Roy menjelaskan bahwa Menpora harus banyak belajar dan wapada. 

Banyak situasi yang bisa menjebak atau membuka peluang terseret korupsi. Alasannya, Kemenpora mengelola dua lingkup kegiatan, yaitu olahraga dan kepemudaan. Oleh karena itu, banyak proyek yang dia tangani.

Dari sisi olahraga, Menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di periode kedua itu menuturkan bahwa Kemenpora bertanggung jawab atas banyak anggaran seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). 

KONI sendiri memiliki cabang olahraga dan masing-masing punya kegiatan sendiri. Itu agenda kecil. Yang besarnya ada Sea Games dan Asian Games.

Anggaran khusus Kemenpora sendiri diakui Roy tidak terlalu besar. Ketika memimpin Kemenpora, dia hanya dapat Rp1,7 triliun.

Peluang terseret korupsi kemudian muncul saat Kemenpora memulai agenda. Proyek-proyeknya yang bisa membuat orang terjerat. Contohnya, Sea Games pernah memunculkan kasus wisma atlet. 

“Jadi ini pun yang rutin gitu loh. Belum nanti kalau misalnya terbuka yang Sea Games atau bahkan Asian Games yang tahun lalu,” jelasnya.

Dari sisi kepemudaan, Roy mengatakan bahwa Kemenpora setiap harinya menerima ratusan proposal dari organisasi kepemudaan. Situasi ini baginya butuh kejelian.

Bila salah langkah, bisa terseret korupsi. Contohnya, kasus dugaan korupsi dana kemah.

“Sekali lagi saya sangat prihatin dan sangat menyayangkan itu terjadi. Apalagi melihat prestasi olahraga yang, saya objektif ya, di tangan yunior saya ini, di tangan Cak Imam ini agak lumayan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper