Pemerintah Tanggung Biaya Perawatan Habibie di RSPAD Gatot Subroto

Kementerian Sekretariat Negara menjamin biaya perawatan Presiden Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 09 September 2019  |  13:25 WIB
Pemerintah Tanggung Biaya Perawatan Habibie di RSPAD Gatot Subroto
Presiden Joko Widodo (kiri) menyambut Presiden ketiga RI BJ Habibie (kanan) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Sekretariat Negara menjamin biaya perawatan Presiden Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyatakan pemerintah menanggung biaya perawatan mantan Presiden sesuai UU No.7/1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Di samping itu, Setya mengatakan sesuai ketentuan Peraturan Presiden No.18/2018 tentang Dokter Kepresidenan, Habibie dapat dirawat di rumah sakit rujukan utama seperti RSPAD atau rumah sakit rujukan pembantu seperti Rumah Sakit TNI Angkatan Udara. "Pak Habibie dirawat di RSPAD," katanya di Istana Kepresidenan, Senin (9/9/2019).

Setya mengatakan pihaknya mendapatkan kabar dari Tim Dokter Kepresidenan bahwa kondisi Habibie kini telah membaik. Setya mengatakan 44 dokter kepresidenan yang menangani Habibie.

Dari 44 orang itu, menurut Setya, 34 orang di antaranya merupakan tim panel ahli seperti ahli jantung, ahli otak dan sebagainya. Sementara itu, 10 dokter lainnya merupakan dokter pribadi Presiden dan Wakil Presiden yang melekat.

"Kami akan mengcover (menjamin) semua pembiayaan terkait itu. Karena sesuai dengan undang-undang dan Perpres yang berlaku kita menjamin semua biaya perawatan Presiden maupun mantan Presiden beserta keluarganya," kata Setya.

Seperti diketahui, Habibie kini sedang dirawat di RSPAD. Habibie adalah mantan Presiden Indonesia yang masih hidup dan berusia paling tua pada saat ini yaitu 83 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
habibie, bj habibie

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top