The Fed: Perang Dagang Hilangkan PDB AS dan Global Secara Signifikan

Ketidakpastian kebijakan perdagangan yang dipicu oleh perang dagang AS-China akan menghilangkan pendapatan ratusan miliar dolar bagi AS dan sebesar US$850 miliar secara global hingga awal tahun 2020, menurut penelitian yang diterbitkan pekan ini oleh Federal Reserve.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 06 September 2019  |  09:02 WIB
The Fed: Perang Dagang Hilangkan PDB AS dan Global Secara Signifikan
Presiden AS Donald Trump berdiri di belakang Jerome Powell, yang dinominasikannya sebagai Gubernur The Fed, di Gedung Putih, Washington, AS, Kamis (2/11/2017). - Reuters/Carlos Barria

Bisnis.com, JAKARTA - Ketidakpastian kebijakan perdagangan yang dipicu oleh perang dagang AS-China akan menghilangkan pendapatan ratusan miliar dolar bagi AS dan sebesar US$850 miliar secara global hingga awal tahun 2020, menurut penelitian yang diterbitkan pekan ini oleh Federal Reserve.

Para peneliti bank sentral AS (The Fed) menganalisis sejumlah artikel di media massa dan tingkat pendapatan perusahaan untuk mengkaji dampak ketidakpastian kebijakan perdagangan tersebut.

Dari kajian itu ditemukan lonjakan kerugian ke tingkat yang tidak pernah terjadi sejak tahun 1970-an.

Ekonom lain, terutama profesor dari Universitas Stanford Nicholas Bloom dan rekan-rekannya, telah mencatat kenaikan ketidakpastian serupa seperti dikutip Reuters, Jumat (6/9/2019). 

Peneliti The Fed kemudian menyatakan pukulan ketidakpastian tersebut membuat aktivitas ekonomi terganggu karena kalangan pebisnis menarik kembali investasi.

Mereka menyimpulkan bahwa secara global dan di Amerika Serikat, dampaknya sekitar 1 persen terhadap PDB. Untuk AS dampaknya pada PDB sekitar US$20 triliun, sedangkan untuk PDB dunia sekitar US$85 triliun. 

Dampak sebesar 1 persen itu akan membuat hambatan dari ketidakpastian perdagangan merugikan sekitar US$200 miliar untuk PDB AS, dan US$850 miliar ke PDB global, menurut perhitungan Reuters.

Kendati demikian, angka itu hanya baru sekadar estimasi. Akan tetapi analisis mereka terkenal karena mereka termasuk yang pertama untuk mengukur dampak besar pendekatan Presiden Donald Trump terhadap transaksi perdagangan, yang katanya menempatkan ekonomi AS pada posisi yang tidak menguntungkan global.

Dalam upaya untuk mendapatkan persyaratan perdagangan yang lebih menguntungkan, pemerintahan Trump telah menaikkan tarif impor China ratusan miliar dolar dan memberlakukan atau mengancam akan mengenakan bea impor dari mitra dagang lainnya, termasuk Meksiko dan Uni Eropa. 

China dan negara-negara lain pada gilirannya juga mengancam atau mengenakan tarif mereka sendiri atas barang-barang AS.

Pada sisi lain, Trump telah menyerukan The Fed untuk memangkas suku bunga AS untuk mendukung ekonomi dan mengimbangi dampak perang perdagangan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
amerika serikat, Kebijakan The Fed, Donald Trump

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top