Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pencari Suaka Terkatung-Katung, Wapres JK Minta Mensos Cari Tempat Penampungan Layak

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan pemerintah sedang mencari jalan keluar bagi para pencari suaka atau pengungsi yang nasibnya terkatung-katung hingga kini.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 05 September 2019  |  13:32 WIB
Para pencari suaka beraktivitas di trotoar depan Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (3/7/2019). Para pencari suaka asal Somalia, Sudan dan Afganistan tersebut menetap di trotoar karena tak lagi memiliki uang untuk menyewa tempat tinggal dan ingin meminta pertolongan kepada United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).  - Antara
Para pencari suaka beraktivitas di trotoar depan Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (3/7/2019). Para pencari suaka asal Somalia, Sudan dan Afganistan tersebut menetap di trotoar karena tak lagi memiliki uang untuk menyewa tempat tinggal dan ingin meminta pertolongan kepada United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan pemerintah sedang mencari jalan keluar bagi para pencari suaka atau pengungsi yang nasibnya terkatung-katung hingga kini.

"Saya sudah bicara dengan Anies [Gubernur DKI Jakarta] kemarin. Kemudian, saya minta Menteri Sosial [Agus Gumiwang Kartasasmita] untuk mencari fasilitas soal tempat yang lebih manusiawi lebih baik," katanya, Kamis (5/9/2019).

Selain itu, JK mengatakan pemerintah akan bekerja sama dengan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR) untuk mencari solusi terkait masalah ini.

Menurutnya, sebagian besar pengungsi ingin keluar dari Indonesia karena bukan negara tujuan. Bukan itu saja, JK menilai pengungsi tidak betah dengan cuaca dan musim di Indonesia.

"Mereka itu umumnya berasal di daerah dingin. Afganistan, Iran, dari mana lagi. Belum tentu kuat tinggal di daerah panas [tropis]. Pemerintah akan cari solusi yang baik pada 1-2 hari ini," jelasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI awalnya menyediakan tempat penampungan di Kali Deres untuk para pencari suaka yang terdampar di Jakarta.

Setelah lebih dari sebulan berada di sana, Pemprov DKI dan DPRD DKI sepakat untuk mengeluarkan para pencari suaka dan tidak lagi memberikan subsidi dan bantuan. Pemerintah Ibu Kota juga meminta UNHCR segera turun tangan untuk mengembalikan pengungsi ke negara asal atau negara tujuan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengungsi pencari suaka
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top