Planetarium Jakarta: Secara Astronomis Iduladha di Indonesia Kamis 11 Agustus 2019

Dari pengamatan diketahui, posisi hilal pada 1 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 29 Zulqadah 1440 Hijriah di Indonesia sudah di atas 2 derajat
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  12:16 WIB
Planetarium Jakarta: Secara Astronomis Iduladha di Indonesia Kamis 11 Agustus 2019
Petugas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan berdoa usai melakukan pemantauan hilal (bulan) untuk menentukan hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (13/9). Pemantauan hilal yang dilakukan dengan mata telanjang tanpa menggunakan teropong tersebut memastikan Idul Adha 1436 Hijiriyah jatuh pada 24 September 2015 di wilayah Sulawesi Selatan. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan hari raya Iduladha di Indonesia diprediksi akan jatuh di tanggal yang sama dengan Saudi Arabia.

Prediksi waktu Hari Raya Iduladha ini muncul berdasarkan pengamatan hilal yang sudah dilakukan Planetarium dan Observatorium Jakarta. Dari pengamatan diketahui, posisi hilal pada 1 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 29 Zulqa’dah 1440 Hijriah di Indonesia sudah di atas 2 derajat. 

“Data astronomis tersebut sudah memenuhi kriteria MABIMS (Majelis Agama Islam Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Maka menurut hisab tanggal 2 Agustus 2019 bertepatan dengan 1 Zulhijjah 1440 H, dan hari raya Iduladha 1440 H akan bertepatan dengan 11 Agustus 2019,” ujar Kepala Satuan Pelaksana Teknik Pertunjukan dan Publikasi Planetarium Jakarta Eko Wahyu Wibowo dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (31/7/2019). 

Jika prediksi itu tepat, maka perayaan Iduladha di Indonesia akan sama dengan waktu di Saudi Arabia. Namun, Eko menyarankan masyarakat menunggu secara resmi penetapan tanggal hari raya Iduladha.

Penetapan secara resmi waktu perayaan hari raya Iduladha akan dilakukan dalam sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama, Kamis (1/8). Sidang rencananya dipimpin Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin 

“Secara resmi kita tetap menunggu konfirmasi hasil rukyat awal Zulhijjah 1440 H yang tercakup dalam keputusan pemerintah dalam sidang isbat pada tanggal 1 Agustus 2019 petang,” tuturnya.

Persiapan jelang Hari Raya Iduladha tahun ini telah terlihat. Banyak hewan kurban telah ditawarkan dan dipajang untuk bisa dibeli masyarakat.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, himbauan sudah dikeluarkan Pemerintah Provinsi agar masyarakat tidak mengenakan plastik sekali pakai saat membagikan daging kurban. 

Himbauan itu dikeluarkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Pemprov meminta masyarakat menggunakan alternatif pembungkus daging ramah lingkungan dan membawa wadah sendiri dari bahan ramah lingkungan saat mengambil hak atas hewan kurbannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hilal, iduladha

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top