Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengamat Anggap Kualitas Golkar di Era Kepemimpinan Airlangga Turun

Anggapan ini muncul karena turunnya elektabilitas Golkar di Pemilu 2019.
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto./Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto./Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Golkar dianggap perlahan turun kualitasnya menjadi parpol medioker. Anggapan ini muncul karena turunnya elektabilitas Golkar di Pemilu 2019.

Menurut pengamat politik Satyo Purwanto, Golkar selama ini merupakan parpol yang diperhitungkan dalam setiap pemilu dan konsolidasi politik. Namun, kondisi itu tak ditemukan lagi sejak Golkar dipimpin Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Seharusnya Golkar yang berada di posisi kedua di Pileg, dia seharusnya bisa menentukan arahnya ke mana. Kapasitas Golkar itu bukan kelas medioker," kata Satyo dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (30/7/2019).

Perolehan suara Golkar di Pileg 2019 menurun dibanding Pileg 2014. Pada pemilu lima tahun lalu, partai beringin ini mendapat 14,7 persen suara dan menjadi peraih suara terbanyak kedua.

Akan tetapi, suara Golkar merosot hingga 12,31 persen pada Pileg 2019. Perolehan itu di bawah suara PDI Perjuangan yang meraih 19,33 persen dan Gerindra dengan 12,57 persen.

Menurut Satyo, penurunan citra dan suara Golkar diakibatkan salah satunya oleh kurangnya kecakapan Airlangga dalam menjalankan tugas sebagai Ketua Umum. Dia menganggap harusnya Airlangga bisa memimpin kader-kader Golkar untuk melakukan manuver dan punya nilai tawar kuat.

Karena menurunnya elektabilitas dan kualitas Golkar, maka Satyo menganggap wajar jika kader Golkar akhirnya mengevaluasi kepemimpinan Airlangga.

"Golkar harusnya bisa mengusung kader untuk menjadi ketum dan menuju partai besar. Hari ini yang masuk sebagai partai besar justru Gerindra. Harusnya ketum Golkar ini levelnya sama dengan PDIP dan Gerindra," ujarnya.

Sebagai catatan, selain rendah, suara Golkar di Pileg 2019 juga berada di bawah target.

Sebelum Pileg 2019, Airlangga sempat menyerukan target agar partainya meraih 110 kursi di DPR RI hasil Pemilu tahun ini. Namun, dengan perolehan saat ini, Golkar diprediksi hanya bisa mendapat 85 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper