Lion King Dongkrak Industri Musik Nigeria

- Kesuksesan film remake Disney 'Lion King' menjadi pintu pembuka bagi musik Nigeria untuk dikenal di seluruh dunia.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 20 Juli 2019  |  10:52 WIB
Lion King Dongkrak Industri Musik Nigeria
Film 'The Lion King' - www.disney.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kesuksesan film remake Disney 'Lion King' menjadi pintu pembuka bagi musik Nigeria untuk dikenal di seluruh dunia.

Hal itulah yang akan terjadi ketika sebuah film melibatkan penyanyi Beyonce dan Disney sebagai magnet penariknya.

Mengutip Bloomberg, Jumat (20/7/2019), enam artis musikal yang terkenal di seantero Afrika Tekno, Yemi Alade, Mr Eazi, Burna Boy, Tiwa Savage, dan WizKid berkolaborasi dengan Beyonce untuk mengisi soundtrack film Disney 'Lion King'.

Industri musik di Nigeria termasuk salah satu industri mencatatkan pertumbuhan tercepat di dunia, di tengah maraknya pembajakan dan lemahnya regulasi. Berdasarkan laporan Pricewaterhouse Coopers LLP 2017, pertumbuhan industri musik Nigeria melaju hingga 13,4 persen dan diprediksi keuntungannya bakal mencapai US$73 juta pada 2021.

Kebangkitan industri musik Nigeria mulai terlihat pada periode 1960-an, 1970-an, dan 1980-an ketika EMI Group Ltd., Philips Records and Polydor Ltd. memproduksi album musisi legendaris Fela Anikulapo-Kuti, King Sunny Ade, dan Osita Osadebe.

Terbantu oleh Nollywood, industri film di negara ini juga digadang-gadang memiliki prospek cerah. PwC memproyeksikan keuntungan di industri film Nigeria mampu mencapai US$6,4 miliar pada 2021 dari angka US$3,6 miliar pada 2016.

Untuk Nigeria, prospek industri musik dan film seakan-akan terwakili dengan OST Lion King yang berjudul 'The Gift' yang mulai diputar pada 19 Juli 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, nigeria, disney

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top