Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BNN Luncurkan tokostopnarkoba.com, Wadah Penjualan Online Warga Binaan

Platform digital itu berbentuk marketplace dengan menyajikan produk-produk karya warga binaan BNN untuk memberikan kesempatan yang baru bagi korban narkoba memperbaiki diri dan berkarya, sehat dan produktif tanpa narkoba.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  11:16 WIB
Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal (Pol) Heru Winarko. - Dok. KBRI Wina
Kepala Badan Narkotika Nasional, Komisaris Jenderal (Pol) Heru Winarko. - Dok. KBRI Wina

Kabar24.com, JAKARTA — Badan Narkotika Nasional (BNN) membuat terobosan dengan meluncurkan situs tokostopnarkoba.com, sebuah platform digital sebagai wadah pemasaran produk warga binaan BNN secara online.

Platform digital itu berbentuk marketplace dengan menyajikan produk-produk karya warga binaan BNN untuk memberikan kesempatan yang baru bagi korban narkoba memperbaiki diri dan berkarya, sehat dan produktif tanpa narkoba.

Kepala BNN Komjen Pol. Heru Winarko mengatakan bahwa pembinaan terhadap mantan pecandu dan pengedar narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) yang dikembalikan ke masyarakat dilakukan dengan cara memberi wadah pengembangan diri dan pelatihan untuk membangun kreativitas.

“Hasil yang telah dicapai saat ini dirasakan sangat bermanfaat, hasil produksi yang dilakukan oleh warga binaan sangat disukai oleh masyarakat. Pengenalan hasil produksi saat ini dilakukan secara offline dengan cara pengenalan produk pada saat BNN melakukan acara baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Saat ini dipasarkan secara online,” ujar Heru dalam keterangan resmi, Kamis (27/6/2019).

Heru menengaskan BNN memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengendalian terhadap peredaran narkotika di Indonesia salah satunya adalah dengan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2018, Rencana Aksi Nasional dikelompokan menjadi  empat kategori yakni Pencegahan, Pemberantasan, Rehabilitasi Penelitian dan pengembangan penanganan penyalahgunaan narkotika dan presekusor narkotika.

Untuk melaksanakan program P4GN di era industri 4.0, BNN harus memiliki cara dan inovasi agar pelaksanaan program tersebut tetap relevan dan efektif sekaligus mendukung upaya Presiden yang konsisten menerapkan sistem e-government.

“Melihat manfaat dan kesempatan pengembangan hasil produksi ini maka BNN bekerjasama dengan PT Asli Rancangan Indonesia berinisiatif untuk melakukan terobosan dengan inspirasi dari keinginan Presiden RI utk melakukan Revolusi Industri 4.0 yaitu membangun online marketplace dalam sebuah Platform Digital Marketing untuk memasarkan produk hasil binaan ini secara luas tanpa batas dan marketplace tersebut diberi nama TOKOSTOPNARKOBA.COM,” kata Heru.

Layanan itu juga melayani transaksi penjualan secara online dengan tingkat keamanan yang memadai.

Sementara itu, Arief Dharmawan, CEO PT Asli Rancangan Indonesia menyatakan marketplace itu untuk mendukung program BNN dalam meningkatkan pemasaran hasil produk warga binaan.

“Kami bergerak sebagau penyedia jasa verifikasi biometrik mempunyai teknologi yang sangat compatible terhadap database, baik milik pemerintah maupun swasta. Kami bekerja sama dengan Lembaga Pemerintah, dan database owner lainnya untuk bisa memberikan jasa verifikasi biometrik yang dapat pakai untuk keperluan  verifikasi calon nasabah, calon peminjam uang, calon karyawan, bahkan calon supir, baby sitter, asisten rumahtangga  sampai mencari menantu. Salah satu bentuk kerja sama kami adalah kerja sama dengan BNN.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnn badan narkotika nasional
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top