Rekam Jejak Peserta Seleksi Capim KPK Dilacak Kejaksaan Agung

Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK menemui Jaksa Agung M Prasetyo untuk meminta bantuan agar menelusuri rekam jejak para calon pimpinan KPK yang telah mendaftarkan diri pada 17 Juni-4 Juli 2019 nanti.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  15:39 WIB
Rekam Jejak Peserta Seleksi Capim KPK Dilacak Kejaksaan Agung
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK menemui Jaksa Agung M Prasetyo untuk meminta bantuan agar menelusuri rekam jejak para calon pimpinan KPK yang telah mendaftarkan diri pada 17 Juni-4 Juli 2019 nanti.
 
Yenti Ganarsih, Ketua Tim Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Periode 2019-2023,  mengatakan bahwa penelusuran rekam jejak seluruh calon pimpinan KPK tersebut sangat penting, karena Panitia Seleksi bisa mendeteksi calon tersebut memiliki permasalahan hukum atau tidak di masa lalunya.
 
"Jadi mentracking para calon pimpinan KPK ini cukup penting ya. Kami tidak hanya meminta Kejaksaan untuk membantu menelusuri hal itu, tetapi juga Polri dan PPATK agar kami bisa dapat calon pimpinan KPK yang bersih," tuturnya, Rabu (12/6/2019).
 
Yenti juga menjelaskan komposisi calon pimpinan KPK nanti harus berasal dari unsur pemerintah dan masyarakat sesuai dengan Undang-Undang KPK. Dua unsur tersebut, menurutnya harus dipenuhi, karena jika tidak maka fungsi koordinasi supervisi akan sulit di kemudian hari.
 
"Undang-Undang mengatakan bahwa komisioner KPK itu terdiri dari unsur Pemerintah dan Masyarakat juga. Kalau tidak ada unsur pemerintah, maka kita salah di situ," katanya.
 
 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KPK, seleksi capim kpk

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top