Senat AS Siap Jegal Trump Jual Senjata ke Arab Saudi

Setidaknya empat anggota Senat dari kubu Republik akan bergabung dengan Demokrat dalam 22 resolusi untuk tidak menyetujui penjualan senjata yang diupayakan pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kepada Arab Saudi.
Senat AS Siap Jegal Trump Jual Senjata ke Arab Saudi Renat Sofie Andriani | 11 Juni 2019 08:17 WIB
Senat AS Siap Jegal Trump Jual Senjata ke Arab Saudi
Seseorang mengenakan kostum Kelinci Paskah terlihat ketika Presiden AS Donald Trump menghadiri Egg Roll 2019 Gedung Putih di Washington, AS, 22 April 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Setidaknya empat anggota Senat dari kubu Republik akan bergabung dengan Demokrat dalam 22 resolusi untuk tidak menyetujui penjualan senjata yang diupayakan pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kepada Arab Saudi.

Langkah ini dapat mengikat Senat selama berhari-hari dan membuat kubu Republik yang notabene adalah pendukung terdekat Trump berselisih soal sebagian kebijakan luar negerinya.

Senator Demokrat Bob Menendez dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat mengatakan kini ia memiliki cukup suara untuk menentang keputusan Presiden Donald Trump.

Seperti diketahui, pemerintahan Trump telah berupaya untuk melancarkan penjualan senjata senilai US$8 miliar kepada Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lainnya dengan alasan keadaan darurat, terlepas dari pertentangan kongres.

“Kini kami mendapat dukungan empat anggota Republik, yang menempatkan kami di atas ambang batas perjalanan,” ungkap Menendez, seperti dikutip dari Bloomberg.

Senator Mike Lee akan menyokong 22 resolusi untuk tidak menyetujui penjualan senjata itu. Selain Lee, Senator Republik Lindsey Graham, Rand Paul, dan Todd Young juga akan ambil bagian.

Resolusi ketidaksetujuan membutuhkan 51 suara untuk dikeluarkan dari Komite Hubungan Luar Negeri. Jika seluruh 47 anggota Demokrat di Senat memberikan suara untuk resolusi itu, tambahan empat suara dari Republik pastinya bakal membuat 22 resolusi itu layak untuk diperdebatkan.

Setiap resolusi memiliki waktu selama 10 jam untuk diperdebatkan, sehingga dapat mengikat Senat dalam keseluruhan proses selama 220 jam jika para senator tidak setuju untuk menangani resolusi sebagai satu blok, menurut Menendez.

“Kecuali jika kami memiliki kesepakatan tentang semacam persetujuan untuk amalgam dari semua ini, masing-masing resolusi memiliki 10 jam,” terang Senator dari New Jersey tersebut.

Pemungutan suara Senat tentang apakah akan mengeluarkan resolusi dari komite dapat dilakukan paling cepat Senin atau Selasa pekan depan, tergantung pada keputusan prosedural dari anggota parlemen Senat.

Sementara itu, seorang Senator lain dari Republik, Marco Rubio, mengatakan menentang pengabaian pemerintah terhadap Kongres yang menahan penjualan senjata.

Dia mengungkapkan bisa saja bergabung dengan empat senator Republik untuk menentang langkah Trump. Menurut Rubio, anggota parlemen harus mempertimbangkan mengubah alasan status darurat yang memungkinkan seorang presiden untuk mengabaikan Kongres.

"Bagi saya masalahnya adalah proses yang dilakukan, mencoba mengabaikan peran kongres. Ini sangat bermasalah. Ini menjadi preseden buruk bahwa kita harus melakukan sesuatu,” jelas Rubio.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
amerika serikat, arab saudi, Donald Trump

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top