JELAJAH JAWA BALI 2019: Okupansi Penginapan Banyuwangi Mencapai 91%

H-2 Lebaran, penginapan di sekitar kawasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi tercatat nyaris penuh.
JELAJAH JAWA BALI 2019: Okupansi Penginapan Banyuwangi Mencapai 91% Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 03 Juni 2019 05:24 WIB

Bisnis.com, BANYUWANGI -- H-2 Lebaran, penginapan di sekitar kawasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi nyaris penuh.

Tercatat pada situs Agoda.com, Senin (3/6), 91% penginapan dengan kapasitas satu kamar untuk dua orang sudah terisi. Adapun, kamar yang ditawarkan dibanderol dengan harga di kisaran Rp44.000 - Rp1,5 juta termasuk dengan yang didiskon. 

Selain itu, mayoritas kamar yang ditawarkan berasal dari penginapan atau hotel bujet yang tidak berbintang atau sekadar villa dan kost.

Penginapan di sekitaran pelabuhan yang penuh mayoritas diisi oleh pemudik yang akan menyeberang dari dan ke Bali. Namun, sebenarnya penurunan itu tak sejalan dengan jumlah penumpang kapal yang tercatat mengalami penurunan.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan pada H-5 Lebaran, jumlah penumpang dari Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk mengalami penurunan drastis hingga 47%, dari 25.540 orang pada tahun lalu menjadi 13.557. Sementara itu, pada sehari sebelumnya H-6, penumpang dari Ketapang menuju Gilimanuk masih mencapai 26.367 orang.

Namun, dari jumlah trip yang turun itu, jumlah kapal yang beroperasi justru meningkat menjadi 35 dari Gilimanuk dan 33 dari Ketapang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan H-6 dan H-7 yang menggunakan kapal sebanyak 32 sampai 33 kapal.

Tim Jelajah Jawa Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Wibi Pratama, Mutiara Nabila, Ni Putu Eka Wiratmini).

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top