Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selamat Jalan, Ibu Ani Yudhoyono

Setelah menderita kanker darah selama beberapa waktu, Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital (NUH) Singapura, Sabtu (1/6/2019).
Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono./Instagram@aniyudhoyono
Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono./Instagram@aniyudhoyono

Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia kembali berduka. Kali ini, kabar duka datang dari keluarga Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY harus merelakan istri tercintanya, Ani Yudhoyono, pulang ke haribaan Ilahi. Ibu Ani, yang bernama lengkap Kristiani Herrawati, wafat setelah melawan penyakit kanker darah yang dideritanya pada Sabtu (1/6/2019).

Sebelum wafat, dia menjalani perawatan intensif di National University Hospital (NUH) di Singapura sejak 2 Februari 2019. Penurunan kondisi kesehatan Ani saat itu bersamaan dengan mulai memanasnya musim kampanye Pemilu 2019.

Setelah menjalani perawatan intensif di Negeri Singa, beliau tak lagi sering berkomunikasi dengan masyarakat. Padahal, sebelum dirawat di negara tetangga itu, Ani biasa berkomunikasi dengan masyarakat melalui akun-akun media sosialnya. 

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 6 Juli 1952 itu semasa hidupnya memang dikenal aktif bermain media sosial. Putri dari Sarwo Edhi Wibowo dan Sunarti Sri Hadiyah ini dikenal suka memajang foto keluarga dan kegiatannya di media sosial (medsos) Instagram.

Hingga kini, akun Instagram Ani Yudhoyono telah memiliki 6,4 juta pengikut. Ada 3.661 foto yang tercatat pernah diunggahnya di medsos itu selama hidup. Banyaknya foto yang diunggah membuktikan hobinya dalam dunia fotografi.

Kegemaran Ani bermain Instagram dimulai tepat setelah SBY menyelesaikan tugasnya sebagai presiden pada 2014. Tapi, sebelumnya dia juga kerap mengambil foto-foto indah selama menjadi Ibu Negara selama satu dasawarsa.

Sebelum mendapat titel Ibu Negara, Ani Yudhoyono pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Setelah itu, dia tak pernah lagi memegang jabatan di partai politik (parpol) manapun.

Pasangan Ani Yudhoyono dan SBY menikah pada 30 Juli 1976. Pernikahan mereka terjadi setelah SBY dilantik menjadi Perwira TNI.

Pasangan ini memiliki dua anak yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Saat ini, keduanya menempuh karir sebagai politikus.

Semasa remaja, Ani Yudhoyono sempat menempuh pendidikan di Jurusan Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Tetapi, pendidikannya di UI tidak selesai lantaran harus berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti pekerjaan sang ayah. 

Dia lantas melanjutkan kuliah ke Universitas Terbuka dan mengambil Jurusan Ilmu Politik. Setelah itu, dia bertemu SBY pada 1973.

Dalam buku biografi Ani Yudhoyono disebutkan, pertemuan dirinya dengan SBY terjadi saat Ani muda menemani ayahnya meresmikan barak Taruna di Magelang. Setelah itu, Ani dan SBY rajin berkomunikasi hingga resmi bertunangan setahun setelahnya dan menikah pada 1976.

Kini, Ani Yudhoyono telah pulang ke pangkuan Ilahi. Kisah hidupnya akan selalu diingat dan dikenang masyarakat Indonesia.

Selamat jalan, Bu Ani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lalu Rahadian
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper