Menlu Iran akan Berkunjung ke Korea Utara

Menteri Luar Negeri Iran akan berkunjung ke Korea Utara. Kedua negara sama-sama menghadapi sanksi dari dunia internasional.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 28 April 2019  |  14:45 WIB
Menlu Iran akan Berkunjung ke Korea Utara
Presiden Iran Hassan Rouhani (kanan) dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menghadiri pertemuan dengan pemimpin dan cendekiawan Muslim di Hyderabad, India, Kamis (15/2/2018). - Reuters/Danish Siddiqui

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dikabarkan berencana mengunjungi Korea Utara.

Namun, tidak dijelaskan alasan maupun kapan kunjungan tersebut bakal dilakukan.
 
"Tanggal perjalanan ini akan ditetapkan dan diumumkan segera," menurut laporan televisi nasional Iran, sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (28/4/2019).

Pejabat tinggi Korea Utara (Korut) Ri Yong Ho, yang negaranya sama-sama menghadapi sanksi internasional dan sanksi AS, mengunjungi Iran pada Agustus tahun lalu. Kunjungan itu dilakukan ketika AS kembali menjatuhkan sanksi kepada negara Timur Tengah tersebut.

Saat itu, Zarif menyambut Ri dan rombongannya di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran. Ketika berada di Iran selama 2 hari, Ri juga bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Kedua negara membicarakan hubungan bilateral dan permasalahan di Timur Tengah. Pertemuan ini disebut sebagai permintaan Kemenlu Korut.

Sementara itu, pada Kamis (25/4), pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Keduanya bertemu untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi bilateral dan Rusia memberikan dukungan kepada Kim setelah Korut gagal mencapai kesepakatan soal denuklirisasi dengan AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
iran, Korea Utara

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup