Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Quick Count Pemilu 2019 : Bisnis.com Kerja Sama dengan 3 Lembaga

Bisnis.com—bagian dari Bisnis Indonesia Group (BIG) Media —menjalin kerja sama dengan tiga lembaga survei untuk menyajikan hasil quick count baik hasil pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.
Quick count Pilpres 2019
Quick count Pilpres 2019

Kabar24.com, JAKARTA — Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang digelar serentak hari ini, menorehkan tinta emas dalam sejarah perjalanan demokrasi Indonesia.

Pertama kalinya, pemilihan presiden, pemilihan anggota parlemen, dan senator dilakukan bersama-sama.

Sejak era Pemilu langsung pada 2004, salah satu aktivitas yang mengiringi pesta demokrasi adalah munculnya hitung cepat atau quick count yang dilakukan oleh lembaga survei. Perkembangan lembaga survei dari waktu ke waktu terus bertambah.

Harus diakui, keberadaan lembaga survei menjadi warna bagi perkembangan demokrasi di Indonesia.

Pada Pemilu 2019, Bisnis.com—bagian dari Bisnis Indonesia Group (BIG) Media —menjalin kerja sama dengan tiga lembaga survei untuk menyajikan hasil quick count baik hasil pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

Tiga lembaga yang menjalin kerja sama dengan Bisnis.com yakni Poltracking Indonesia, Charta Politika, dan Indikator Politik Indonesia. Ketiga lembaga itu tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi).

Selain itu, ketiga lembaga survei itu juga terverifikasi di KPU untuk menyajikan hasil hitung cepat di Pemilu 2019.

Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Hery Trianto mengatakan bahwa tujuan digelarnya quick count agar masyarakat dapat mendapat informasi mengenai hasil Pemilu 2019 secara lebih cepat.

“Tentu saja bukan untuk mendahului hasil perhitungan manual [oleh KPU], tetapi untuk mengetahui hasil indikatif hajatan politik lima tahunan,” ujarnya, Rabu (17/4/2019).

Bisnis.com dan tiga lembaga survei, lanjut Hery akan mematuhi ketentuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa publikasi hasil quick count baru bisa dirilis pada pukul 15.00 Wib.

Dia menegaskan lembaga survei dan media memiliki kesamaan kepentingan untuk membantu publik mengetahui hasil pemilu.

“Meskipun baru sementara, karena hasil final adalah penghitungan manual oleh KPU,” katanya.

Selain hasil hitung cepat, Bisnis.com akan menyajikan pemberitaan berbagai aktivitas dan pernak-pernik pesta demokrasi dari berbagai perspektif.

Selain itu, laporan dari berbagai daerah juga menjadi sajian dengan mengandalkan 11 kantor perwakilan Bisnis Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami berharap Pemilu 2019 berjalan dengan damai, meriah, sehingga mampu menunjukkan wajah demokrasi Indonesia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper