Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemilu 2019 : Partisipasi WNI di Hongaria Capai 95 Persen

Warga negara Indonesia di Hongaria antusias mengikuti pemungutan suara Pemilu 2019. Partisipasi pemilih di Hongaria tergolong tinggi.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 15 April 2019  |  14:50 WIB
Pemilu legislatif - Istimewa
Pemilu legislatif - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA — Tingkat partisipasi pemilih dalam pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk warga negara Indonesia di Hongaria hampir mendekati 95%.

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest, Hongaria, M. Faisal Fadhil mengatakan bahwa pemungutan suara di kota itu dilaksanakan pada Sabtu (13/4/2019) dari pukul 08.00—18.00 waktu setempat.

Catatan terakhir di PPLN Budapest, dari jumlah surat suara di lokasi pemungutan suara ditambah dengan surat suara cadangan sebanyak 181 surat suara dengan jumlah surat suara terpakai yakni  178 surat suara.

Sementara itu, metode pemilihan menggunakan pos dari 155 surat suara yang dikirim, telah kembali sebanyak 136 surat suara hingga Minggu (14/4/2019).

“Indikator dari suksesnya Pemilu adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih atau voters turn out, target partisipasi pemilih yg ditetapkan oleh KPU sebesar 77,5% dan dapat dilihat bahwa di Hongaria partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi kita sangat tinggi bahkan mendekati 95%,” katanya melalui keterangan resmi, Senin (15/4/2019).

Duta Besar RI untuk Hongaria Abdurrachman Hudiono Dimas Wahab beserta keluarga ikut memilih di TPS 001 sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Faisal yang didampingi anggota PPLN Ratih Dewi menyebut banyak kegiatan  unik di TPS 001 Budapest. Seluruh petugas PPLN dan KPPSLN mengenakan pakaian nasional untuk menyelami makna Bineka Tunggal Ika.

Para pemilih juga dihibur oleh Paduan Suara Libels (SMA Lima Belas Surabaya) yang kebetulan sedang berkompetisi di Budapest. 

Karena Rasa Nasionalisme dan kemeriahan-kemeriahan di PPLN Budapest, tidak sedikit WNI para pemilih  metode pos yang seharusnya tidak perlu datang ke TPS, hari ini juga datang, untuk bersilaturahmi, mengawasi jalannya Pemilu atau sekedar menikmati makanan ringan dan mengobrol mengenai Tanah Air tercinta pada acara Pemilihan Umum.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu luar negeri hak pilih Pemilu 2019
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top